Ini Dia Deretan Stasiun Unik yang Terbengkalai dari Seluruh Penjuru Dunia

Sumber: Youtube.com

Sebagai salah satu infrastruktur penunjan operasional kereta api, tentu saja stasiun memegang peranan yang sangat krusial. Ketika berbagai negara saling pamer stasiun bersemat teknologi nan mutakhir, ada beberapa negara yang malah menutup stasiunnya dengan ragam alasan yang melatarbelakanginya – mulai dari faktor sepi pengunjung dan lain-lain.

Baca Juga: Inilah 12 Stasiun Angker di Dunia!

Kira-kira, dimana saja ya stasiun yang ditutup tersebut? Berikut KabarPenumpang.com paparkan beberapa contoh stasiun yang ditutup, dikutip dari berbagai laman sumber.

Stasiun Fushouling, Cina

Stasiun Fushouling. Sumber: istimewa

Menurut Guardian, awal mulanya stasiun Fushouling di Beijing, China dibangun untuk penggunaan militer. Kemudian stasiun ini berfungsi mengantar anak-anak pedesaan untuk perjalanan ke sekolah hingga akhirnya ditutup pada 2007.

Stasiun Strand, Inggris

Stasiun Strand. Sumber: istimewa

Stasiun yang lebih dikenal dengan nama Aldwych Station ini dibangun pada tahun 1907. Stasiun yang terletak di City of Westminster ini sempat mengalami pasang surut yang berdampak pada buka dan tutupnya stasiun ini. Pertama, Stasiun Strand ditutup pada tahun 1940 karena alasan perang. Lalu stasiun ini kembali beroperasi pada tahun 1946. Terakhir, tahun 1994 stasiun ini benar-benar ditutup secara permanen karena biaya renovasi yang membengkak.

Stasiun Bahnbetriebswerk Pankow-Heinersdorf, Jerman

Sumber: istimewa

Bahnbetriebswerk Pankow-Heinersdorf merupakan stasiun kereta yang terbengkalai yang terletak di Berlin, Jerman. Stasiun ini dibuka pada Oktober 1893 dan hanya beroperasi hingga tahun 1990-an dan tak pernah digunakan lagi. Menurut laman digitalcosmonaut.com, stasiun ini terhubung ke salah satu jalur kereta api utama di Berlin dan dirancang seperti kereta turntable raksasa.

Kereta ini dirancang untuk satu arah. Begitu kereta modern mulai bermunculan pada 1990-an, stasiun kereta ini tidak dapat mengakomodasi panjang kereta baru. Pasalnya, turntable itu sendiri tidak dapat dibangun atau diperbesar. Karena terlalu lama terbengkalai, stasiun ini pun kerap diidentikkan dengan hal-hal mistis. Hiii!

Baca Juga: Tanggula, Stasiun Terbengkalai di Atas Awan

The Cincinnati Subway di Cincinnati, Ohio

Sumber: Wikipedia

Stasiun ini dianggap sebagai proyek percobaan yang gagal untuk kota. Cincinnati memutuskan untuk membangun sistem kereta bawah tanah pada awal 1900an, ketika perdagangan sungai mencapai puncaknya. Dikarenakan biaya pembangunan kereta bawah tanah yang tinggi, maka konstruksi pun dihentikan pada 1920. Saat ini pengunjung ke Cincinnati dapat melihat terowongan bawah tanah. Konstruksi terbengkalai ini dapat dilalui dengan cara tur “Walk and Talk”. Kereta bawah tanah ini tidak pernah selesai dan tidak pernah mengangkut satu penumpang satu pun.