Ini Dia Empat Fitur Baru di Aplikasi “Tijeku” TransJakarta

0
Beli tiket melalui aplikasi Tijeku, salah satu fitur terbaru

PT Transportasi Jakarta saat ini mulai memasuki babak baru dalam perdigitalan dan terlihat dari aplikasi Tijeku yang diperbaharui dengan berbagai fitur. Direktur eksekutif transformasi digital teknologi informasi TransJakarta Gidionton Saritua mengatakan, dalam pengembangan aplikasi ini, pihak TransJakarta sendiri melakukannya dalam waktu 1,5 bulan.

Baca juga: TransJakarta Mulai Uji Coba Komersial Bus Listrik Rute Balai Kota-Blok M

Yang mana ini menjadi kebanggan tersendiri karena aplikasi tersebut menjadi platform bisnis dan bisa memudahkan para pelanggan TransJakarta. Gidionton menambahkan, aplikasi Tijeku sendiri dibuat bukan hanya untuk warga ibukota Jakarta tetapi juga untuk world class platform karena jaringan TransJakarta di Indonesia lebih besar dari negara lain.

Gidionton menambahkan, dalam peluncuran pembaharuan aplikasi ini ada empat fitur canggih yang menjadikan kemudahan transportasi dalam genggaman.

“Kita ada empat fitur baru yakni transfer tiket, di mana pengguna bisa membelikan tiket untuk teman, orang tersayang, keluarga atau siapa pun melalui aplikasi Tijeku di ponsel pintar. Kelebihannya platform yang belum dimiliki lainnya termasuk negara lain. Kedua ada digital QR ticketing dan ini adalah kepraktisan membeli tiket tanpa buka dompet dan mengambil kartu bisa dilakukan pada aplikasi Tijeku,” jelasnya dalam peluncuran aplikasi secara virtual, Jumat (2/10/2020).

Kemudian ada Smart Assistance, ini adalah asisten pribadi dalam genggaman yang mengingatkan agenda atau rencana bepergian menggunakan layanan terintegrasi Tijeku maupun Jaklingko. Gidionton menambahkan, smart notifikasi ini juga membantu penumpang saat masuk halte dan belum beli tiket.

“Penumpang akan diingatkan oleh aplikasi ketika mereka belum punya tiket saat sudah tiba di halte,” ujarnya.

Selain itu, direktur pelayanan dan pengembangan TransJakarta Ahmad Izzul Waro menjelaskan, untuk ewallet yang digunakan aplikasi saat ini baru ada Link Aja dan yang lain masih dalam pengembangan. Dia mengatakan, tahun depan akan hadir opsi lain.

“Opsi lain akan hadir tahun depan. Tetapi bila diperlukan kerja sama akan dipercepat dan akhir tahun kita sudah bisa memberi opsi tambahan dengan moda pembayaran lainnya,” kata Izzul.

Baca juga: Cegah Penyebaran Virus Corona, TransJakarta Tak Terima Uang Tunai Untuk Top Up Kartu Elektronik

Dia menambahkan, tak hanya fitur baru di aplikasi, tetapi pihaknya juga akan memasang WiFi di semua halte TransJakarta. Untuk saat ini baru terpasang di semua halte koridor satu yakni Kota menuju Blok M. Untuk pemasangan di koridor lainnya dalam waktu dekat dan kehadirn WiFi gratis ini menjadi satu bentuk penghargaan bagi pelanggan.

Leave a Reply