Ini Dia! Standar Sepatu Untuk Pramugari

Sepatu pramugari Virgin Atlantic

Berparas menarik dengan lekak lekuk jalan bak model, menjadikan profesi pramugari kerap jadi dambaan bagi sebagian kalangan, khususnya kaum hawa. Selain busana yang pas, sisi menarik lain dari pramugari adalah sepatunya. Ya sepatu pramugari yang baik secara langsung akan terlihat pada penampilan mereka. Tapi tahukan Anda bahwa jenis sepatu untuk pramugari ada standar tersendiri, maklum sepatu untuk pramugari tak hanya harus apik dilihat, tapi juga harus kuat dan nyaman untuk menunjang kerja awak kabin dalam melayani penumpang.

Baca juga: Hadirkan Seragam Mini, Qantas dan Emirates Harapkan Anak-Anak Cintai Profesi Awak Kabin

KabarPenumpang.com merangkum dari laman sekolahpenerbangan.org, bahwa untuk berdiri cukup lama selain latihan, sepatu yang digunakan seorang pramugari juga menentukan. Maka, ada standar sepatu yang bisa digunakan oleh pramugari saat menjalankan tugasnya.

Seorang pramugari tidak diperbolehkan menggunakan sepatu dengan hak terlalu tinggi dan lancip atau stiletto. Hal ini karena hak lancip sepatu tersebut dapat merusak bahkan melubangi alat peluncur saat evakuasi dan juga bisa melukai pramugari itu sendiri serta orang lain disekitarnya.

Tak hanya itu, hak terlalu tinggi dan lancip juga tidaklah baik untuk kesehatan pramugari sendiri. Sebab, seorang pramugari biasanya berdiri selama berjam-jam dalam sebuah penerbangan.

Memang, sepatu dengan hak terlalu tinggi tidak akan pernah masuk standar yang bisa digunakan seorang pramugari. Sebagai gantinya sepatu yang baik digunakan oleh seorang pramugari adalah sepatu yang nyaman namun tetap sederhana dan tidak terlihat seperti orang yang akan pergi ke pesta.

Ornamen dan aksesoris yang terlalu meriah serta berlebihan juga tidaklah baik, bahkan membuat penampilan seorang pramugari murahan dan tidak profesional. Untuk itu, perusahaan penerbangan atau maskapai biasanya akan membagikan sepatu untuk para pramugari dan pramugaranya.

Selain agar terlihat sama dengan pakaian yang digunakan juga agar terlihat seragam antara pramugari dan pramugara. Namun, bagi maskapai yang tidak membagikan sepatu pada pramugarinya, peraturan mengenai keseragaman bagi awak kabin tetap harus dipatuhi serta menjadi pedoman saat mereka akan membeli sepatunya sendiri.

Nah, bagi Anda yang sering melihat penampilan pramugari dari atas sampai bawah atau dari sepatu, pakaian dan rambut pastinya selalu melihat sepatu yang dikenakan mereka hitam. Padahal tidak selalu warna hitam, biasanya warna sepatu disesuaikan dengan warna seragam yang dikenakan.

Beberapa maskapai yang menggunakan seragam jenis kebaya panjang seperti Singapore Airline atau Lion Air biasnya menggunakan sepatu sandal. Aksen dari baju mereka juga ditampilkan di sepatu sandal agar terlihat sesuai dan menarik.

Baca juga: 10 Seragam Pramugari Paling Ikonik di Dunia

Pramugari Emirates pun menggunakan sepatu berwarna merah senada dengan topi yang digunakan. Bagi pramugari dan pramugara, sepatu merupakan bagian dari kelengkapan seragam yang dikenakan dan diharapkan menunjukkan citra yang diciptakan maskapai.