Ini Lho Fungsi Lain dari Airplane Mode!

Sumber: TechRadar

Tentu Anda semua tidak asing lagi dengan yang namanya fitur Airplane Mode. Fitur yang terdapat di hampir semua smartphone ini kerap kali disebut Flight Mode. Tapi, apa sih kegunaan dari Airplane Mode itu sendiri? Sebagaimana KabarPenumpang.com wartakan dari laman digitaltrends.com (13/7/2017), fitur Airplane Mode dirancang khusus untuk mematikan semua koneksi yang ada di smartphone Anda, termasuk bluetooth, WiFi, dan juga koneksi data.

Baca Juga: Ada ‘Sesuatu’ di Hidangan Full Service, Antara Fakta dan Sensasi dalam Penerbangan

Pengadaan fitur ini bukan tanpa alasan, keberadaan koneksi sinyal selama Anda mengudara dikhawatirkan akan mengganggu sensor dan sinyal yang ada di sebuah maskapai komersial. Banyak juga yang beranggapan bahwa benturan sinyal ini akan membahayakan hingga mencelakakan penerbangan tersebut. Memang, sinyal ponsel mengganggu radio pesawat, namun tidaklah terlalu berbahaya seperti yang diasumsikan orang selama ini.

Perlu Anda ketahui, jika saat mengudara ponsel Anda dalam keadaan menyala atau tidak menyalakan Airplane Mode, maka pilot akan mendengar suara dengungan dan suara-suara aneh lainnya di headphone mereka yang merupakan hasil dari pergesekan sinyal ponsel yang menyala dan sinyal lainnya. Bisa dibilang, suara tersebut mirip dengan dengungan yang dihasilkan jika Anda menyimpan ponsel di dekat sebuah speaker.

Baca Juga: Selain Mesin, Yuk Kenali Arti Suara-Suara di Dalam Kabin Pesawat

Walaupun gangguan yang ditimbulkan tidaklah semenakutkan yang dibayangkan, namun kehadiran suara tersebut di headphone pilot tetap saja mengganggu. Bayangkan jika ada 50 orang yang tidak mematikan ponsel mereka atau tidak menghidupkan Airplane Mode, tentu hal tersebut akan menimbulkan gangguan yang lebih besar pula.

Dengan kita mematikan ponsel atau  menghidupkan Airplane Mode, maka secara langsung Anda telah mencegah suara dengung tersebut muncul, dan juga dianggap sebagai cara penumpang untuk menghormati dan menghargai pilot yang tengah menjalankan tugasnya tersebut.

Pada tahun 2013 silam, United States Federal Aviation Administration memperbarui peraturannya dengan memperluas penggunaan barang elektronik yang penggunaannya menggunakan sistem sinyal. Dengan kata lain, Anda kini bisa menggunakan Bluetooth untuk menghubungkan ponsel Anda dengan headset, atau menggunakan Wi-Fi selama penerbangan. Dengan catatan, penerbangan tersebut menyediakan layanan Wi-Fi gratis.

Baca Juga: Tips Aman dan Nyaman Untuk Penerbangan Bagi Lansia

Ternyata, penggunaan Airplane Mode tidak melulu ketika Anda hendak mengudara. Ada beberapa fungsi lain dari fitur berlogo pesawat tersebut. Sebut saja menghemat penggunaan baterai, mempercepat pengisian daya, menghindari gangguan saat berkendara (biasanya ditimbulkan oleh notifikasi chatting yang masuk), memperkuat sinyal, karena secara otomatis smartphone kamu akan mencari jaringan baru sesaat setelah Anda mematikan Airplane Mode, dan me-refresh kinerja dari ponsel Anda. Jadi, sudah tahu kan fungsi dari Airplane Mode?