Ini Perbedaan Bus Single Glass dan Double Glass yang Digunakan Karoseri di Indonesia

0
Karoseri Morodadi Prima hadirkan single glass pada bus milik PO ANS (kompas.com)

Bus menjadi salah satu pilihan moda transportasi darat selain kereta api untuk bepergian. Namun pernahkah Anda sadari kaca depan setiap bus berbeda bentuknya? Di mana bus besar menggunakan kaca tunggal atau single glass dan kaca double atau double glass.

Baca juga: PO ANS – Pernah Layani Trayek AKAP Terjauh, Banda Aceh – Denpasar

Nah apa perbedaan dari dua model kaca bus ini? KabarPenumpang.com merangkum berbagai laman sumber bahwa bus saat ini sudah banyak karoseri yang menggunakan kembali single glass. Pasalnya dengan kaca tunggal, pandangan penumpang tidak terhalang saat melihat jalanan di depan.

Bus tingkat AKAP PO Nusantara. (Foto: Tribunsolo)

Bahkan pembuatan single glass sendiri lebih murah karena tidak ada rangka dan pelat di tengah-tengah kaca depan. Tak hanya itu, pembuatannya pun tidak lebih rumit namun single glass juga memiliki kelemahan yakni jika pecah, perbaikan relatif lebih mahal karena ukuran kaca yang besar.

Saat ini ada beberapa karoseri yang menggunakan single glass pada bus besar mereka yakni Morodadi Prima pada bus milik PO ANS. Selain itu ada Karoseri Tentrem yang merilis dua varian bus besar dengan single glass yakni Avante H7X dan H8X.

Walaupun menghadirkan bus dengan single glass, tapi karoseri Morodadi Prima dan Tentrem memiliki bus dengan double glass. Namun meski begitu hingga saat ini, penggunakan double glass juga masih menjadi primadona tersendiri oleh beberapa karoseri.

Bus dengan kaca double hadir di Indonesia sejak 2015 dan dimulai oleh karoseri Adiputro. Setahun kemudian dan hingga saat ini, tren double glass semakin berkembang karena hampir semua karoseri menggunakan bodi dengan kaca depan ganda berpenyekat horizontal.

Baca juga: Inilah Parade PO Bus AKAP yang Usianya Tembus Setengah Abad

Karoseri Adiputro menggunakan double glass pada tiga varian busnya yakni Jetbus 3+ SHD, Jetbus 3+ HDD dan Jetbus 3+ MD. Karoseri Laksana juga menghadirkan penggunaan double glas pada tiga varian busnya seperti New Discovery egacy SR2 HD Prime dan Legacy SR2 XHD Prime. Kemudian karoseri New Armada yang memiliki du bus high decker dengan konsep double glass yakni Skylander HDD dan Evolander SHD.

Leave a Reply