Inilah 10 Kereta Tercepat di Dunia

(Youtube)

Negara di Eropa dan Asia saat ini mengoperasikan kereta dengan kecepatan yang fantastis, bahkan jauh melampaui kecepatan maksimum helikopter. Perjalanannya pun kini sudah dengan rute yang jelas, seperti kereta api Shanghai Maglev dan Harmony CRH 380A. Dan dari sepuluh kereta tercepat di dunia, kedua kereta ini menduduki urutan pertama dan kedua. KabarPenumpang.com merangkum dari railway-technology.com, ada sepuluh kereta cepat di dunia yang saat ini sudah beroperasi baik di Eropa maupun Asia.

Baca juga: Introduire! Layanan Kereta Cepat di Perancis Pengganti TGV

1. Shanghai Maglev
Menjadi urutan nomor satu kereta tercepat di dunia, Shanghai Maglev beroperasi dengan kecepatan 430 km per jam dan kecepatan rata-rata 251 km per jam. Maglev sendiri mulai beroperasi April 2004 dan berjalan di jalur sepanjang 30,5 km yang terbentang dari stasiun Jalan Longyang Metro Line 2 dan berakhir di Bandara Internasional Shanghai Pudong. Dimana jalur ini merupakan jalur levitasi magnetik berkecepatan tinggi yang dioperasikan secara komersial untuk pertama kalinya. Shanghai Maglev dimiliki dan dioperasikan oleh Shanghai Maglev Transportation Development Co (SMTDC) dan dibangun oleh perusahaan Siemens dan ThyssenKrupp.

2. Harmony CRH 380A
Menjadi kereta tercepat di dunia kedua dengan kecepatan maksimum 380 km per jam. CRH 380A ini sendiri dioperasikan baru Oktober 2010 lalu dan beroperasi dari Beijing menuju Shanghai dengan layanan harian sepanjang rute Wuhan ke Guangzhou. Kereta cepat ini dibuat oleh CSR Qingdao Sifang Locomotive dan Rolling Stock.

3. AGV Italo
Ini adalah kereta pertama dari seri AGV yang memulai operasinya April 2012 lalu. Memiliki kecepatan maksimum 360 km per jam ini, dilengkapi dengan sistem traksi yang memecahkan rekor kecepatan 574,8 km per jam tahun 2007. Kereta ini dianggap paling modern di Eropa yang dibangun oleh Alstom. Kereta ini beroperasi melalui koridor Napoli – Roma – Firenze – Bologna – Milano. Kereta ini sudah sesuai dengan standar interoperabilitas TSI Eropa yang mencakup keamanan, keandalan dan ketersediaan hingga kompabilitas teknisnya.

4. Siemens Velaro E atau AVS 103
Kereta kecepatan tinggi ini berada di Spanyol dengan kecepatan 350 km per jam selama beroperasi. Kereta ini dioperasikan oleh Spanish National Railways Renfe dan beroperasi di jalur Barcelona – Madrid. AVS 103 mulai beroperasi Juni 2008.

5. Talgo 350 atau T350
Awal masuknya dengan nama RENFE AVE Class 10 dan memiliki kecepatan operasional 350 km per jam. T350 dikembangkan dan diproduksi oleh Pantentes Talgo (Tren Articulado Ligero Goicoechea Oriol) yang bekerja sama dengan Bombardier Transportation. Kereta ini beroperasi Madrid – Zaragoza – Lleida dari lini Madrid – Barcelona di Spanyol sejak tahun 2005. Saat ini ada lebih dari 46 kereta operasi dari seri di negara.

6. Seri E5 Shinkansen Hayabusa
Mulai beroperasi Maret 2011 dengan kecepatan maksimum 320 km per jam yang berjalan di jalur Tohoku Shinkansen. Kereta ini diproduksi oleh Kawasaki Heavy Industry (KHI) dan Hitachi sedangkan di operasikan oleh East Japan Railway Company (JR East).

7. Euroduplex Alstom
Ini adalah generasi ketiga TGV Duplex yang mulai beroperasi tahun 2011. Kereta ini disebut sebagai kereta api berkecepatan tinggi dua tingkat yang dapat dioperasikan di jarigan Eropa dengan kecepatan 320 km per jam. Euroduplex awalnya diperkenalkan di jalur rel berkecepatan tinggi Rhine-Rhone LGV. Kereta ini mampu mengangkut 1020 penumpang di bandingkan generasi lalu yang hanya mampu menampung 512 penumpang. Kereta ini beroperasi di jaringan kereta Perancis, Jerman, Swiss dan Luxembourg.

8. TGV Duplex
TGV Duplex diproduksi dari 1996-2004 dan dioperasikan oleh SNCF yang diproduksi oleh Alstom dan Bombardier. Kereta api bisa mencapai kecepatan maksimum 300 km per jam sampai 320 km per jam. TGV Duplex adalah kereta api double decker dan merupakan duplex generasi pertama dari Alstom. Kereta ini menyediakan ruang duduk untuk 512 penumpang di bagian atas dan bawahnya. Kereta terbuat dari aluminium untuk mengurangi berat. TGV Duplex berjalan di jalur TGV Méditerranée antara Paris dan Marseille. Lebih dari 450 kereta seri TGV saat ini melayani 230 destinasi.

Baca juga: Akankah Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Mangkrak Seperti Pendahulunya?

9. Elettro Treno Rapido 500 (ETR 500)
Elettro Treno Rapido 500 (ETR 500) Kereta kereta api Frecciarossa mulai beroperasi pada tahun 2008. Kereta ini dirancang dengan kecepatan maksimum 360 km per jam dan saat ini berjalan pada kecepatan 300 km per jam pada jalur kecepatan tinggi. The Frecciarossa atau biasa disebut Red Arrow adalah versi direnovasi dari ETR 500 beroperasi antara Roma dan Milan. Kereta api di armada dioperasikan oleh Trenitalia dan diproduksi TREno Veloce Italiano (TREVI), sebuah konsorsium Alstom, Bombardier dan AnsaldoBreda.

10. THSR 700T
THSR 700T beroperasi pada jalur berkecepatan tinggi antara Taipei dan Kaohsiung di Taiwan. Kereta tersebut mulai beroperasi dengan Taiwan High Speed ​​Rail pada bulan Januari 2007. Kereta ini beroperasi pada kecepatan 300 km per jam dan mengurangi waktu perjalanan antara dua kota dari empat jam menjadi hanya 90 menit. Diproduksi Kawasaki, Hitachi dan Nippon Sharyo. Berdasarkan kereta seri 700 Shinkansen milik Kawasaki, 700T adalah stok rolling pertama di Taiwan untuk mengimpor teknologi rel kecepatan tinggi Jepang. Total investasi untuk pembuatan 30 kereta awal dalam seri mencapai sekitar NT $100 miliar ($3,4 miliar).