Inilah 14 Tugas Awak Kabin Pesawat Yang Jarang Diketahui

Sumber: Jalanbareng.com

Tak banyak yang penumpang ketahui tentang apa yang harus dilakukan awak kabin dalam pesawat. Mungkin Anda hanya tahu para awak kabin membagikan makanan, minuman, memperingatkan harus mematikan ponsel Anda hingga membantu merapikan barang-barang di kompartemen atas.

Baca juga: Mau Jadi Awak Kabin? Standar Tinggi Badan Masih Jadi Syarat Utama!

Sebenarnya, banyak hal yang harus dilakukan awak kabin dalam menjalankan tugasnya. KabarPenumpang.com merangkum dari oyster.com, dimana seorang mantan awak kabin, Annie Kingston membeberkan tentang pekerjaan menjadi seorang awak kabin. Berikut ini beberpa hal yang bisa mengubah pikiran Anda tentang pekerjaan awak kabin.

1. Tidak hanya melayani makanan dan minuman
Banyak yang salah paham dengan awak kabin. Annie mengatakan, kesalahpahaman terbesar yang dipikirkan orang adalah membuat seorang awak kabin sebagai pelayan di pesawat. Padahal tugasnya bukan sebagai pelayan melainkan sebagai penjaga penumpang. Bayangkan jika tidak ada awak kabin, saat Anda kelaparan, rewel bahkan hingga merasa takut dalam sebuah penerbangan bagaimana nasib Anda dan penumpang lainnya. Dengan perlakuan penumpang yang beragam, sebenarnya awak kabin pun stres tetapi tetap membantu Anda dengan tulus.

2. Harus mematuhi aturan ketat pada penampilan
Seorang awak kabin bekerja bukan mengenakan celana jeans dan kaus, melainkan menggunakan seragam khusus. Selain itu, Annie mencatat tidak hanya memiliki standar seragam melainkan di Timur Tengah dan Asia penampilan adalah segalanya. “Peraturan ketat tentang bagaimana menjaga, mewarnai dan menata rambut hingga make up Anda. Kuku harus di cat dengan cara tertentu dan perhiasan tetap sesuai standar minimum,” ujarnya.

3. Berat badan
Peraturan tentang penampilan tak berhenti hanya di pakaian dan aksesois. Beberapa maskapai memiliki standar berat badan yang harus dipatuhi para awak kabin. Annie mengatakan, setiap tahun awak kabin ditimbang berat badannya dan harus memiliki BMI yang pas atau sehat atau bisa dikatakan proporsional.

4. Bertanggung jawab atas hidup penumpang
Kembali ke nomor satu, Annie mengatakan, satu hal yang tidak dipahami penumpang menjadi seorang awak kabin adalah bertanggung jawab dalam mengurus sekitar 300 penumpang pada ketinggian 35 ribu kaki. “Faktanya bahwa para awak kabin bertanggung jawab atas keselamatan Anda dan mungkin bisa menyelamatkan hidup Anda.”

5. Membantu merawat bayi
Awak kabin juga dilatih untuk menjaga bayi Anda. Mereka dilatih dengan instruksi medis dalam membantu penumpang menangani bayi mereka.

6. Lakukan Hand to Hand Combat
Mungkin persalinan dalam pesawat sudah membuat penumpang sedikit tegang. Tapi awak kabin juga dilatih untuk menangani penumpang yang tidak menyenangkan hingga menangani teroris dengan membuat para penumpang lebih tenang.

7. Tahu bertahan hidup dalam kondisi ekstrim
Terlihat mempesona dan bisa berbuat apapun di dalam kabin. Ternyata para awak kabin ini juga tahu caranya bertahan hidup dalam kondisi ekstrim. “Sebuah kisah nyata tentang penumpang yang selamat dari kecelakaan pesawat 1972 saat di pegunungan Andes, dimana pegunungan ini tertutup salju dan saat itu hanya sedikit makanan yang tersisa dan benar-benar menguji kemampuan Anda bertahan hidup,” kata Annie.

8. Fight Fire 35 ribu kaki di udara
Tak hanya kondisi ekstrim, saat pesawat terjadi kebakaran di udara, awak kabin juga mampu menangani dengan sigap. Tidak ada penumpang yang merokok, tapi api bisa saja muncul karena gangguan listrik dalam kabin atau hal lainnya.

9. Mile high club
Jika Anda menganggap lucu membawa Mile High Club ke awak kabin, ini jelas salah. “Ini menghina, sejujurnya topik tersebut benar-benar norak dan membuat kita memutar mata serta kurang memikirkan penumpang,. Karena ini bukan sesuatu yang akan Anda ajukan pada yang lainnya,” kata Annie.

10. Terbang dengan kru baru untuk pertama kalinya
Setiap kru dalam setiap penerbangan, tidak selalu dengan tim yang sama. Bahkan bisa saja baru pertama kali bertemu untuk tugas. Seperti perusahaan Annie yang memiliki lebih dari 35 ribu awak kabin yang terbang ke lebih 130 tujuan di lebih dari 70 negara. “Sebagai awak kabin, Anda harus pandai berteman, yakni dengan cepat, mengucapkan hai atau selamat tinggal untuk mengatasi sebuah perbedaan kecil,” jelasnya.

11. Mereka datang dari segala bidang
Seragam memang mempersatukan, tetapi setiap awak kabin memiliki latar belakang masing-masing. “Banyak rekan saya meninggalkan negara mereka untuk bekerja di Timur Tengah untuk menghindari pasar kerja yang menyedihkan, kota-kota yang penuh kekerasan, perang saudara, dan kemiskinan yang ekstrem,” kata Annie.

Dia juga mengatakan, banyak juga awak kabin yang berasal dari profesi yang berbeda baik itu pengacara, dokter, guru dan lainnya. Ini semua disatukan dengan satu seragam yang sama.

12. Tidak lepas dari Jetlag
Sebuah penerbangan yang panjang, tidak akan membuat seorang awak kabin terlepas dari jetlag. Bahkan jika dalam perenbangan yang membutuhkan istirahat. Annie mengatakan, untuk mengembalikan pola tidur, biasanya awak kabin menggunakan hari libur mereka untuk mengembalikan seperti semula.

13. Sering bekerja ganda
Pernah melihat awak kabin sebelumnya? Mungkin mereka saat itu mengecek tiket Anda sebelum naik ke pesawat. Biasanya banyak awak kabin juga yang membantu dalam pengecekan tiket di gerbang sebelum Anda masuk ke dalam pesawat dan menikmati perjalanan.

Baca juga: Yuk Intip Aktivitas Awak Kabin Virgin Atlantic

14. Terimakasih
Sebagai penumpang akan mengatakan terimakasih kepada awak kabin yang membantunya. Tak hanya itu, awak kabin yang terkesan pada penumpang juga bisa saja memberikan sesuatu pada Anda. “Saya selalu memberi tempat duduk, preferensi makanan, minuman ringan dan pilihan barang gratis yang cukup lengkap kepada penumpang yang memperlakukan saya seperti sesama manusia,” ujarnya.