Inilah Bandara Yakutsk, Bandara dengan Suhu Terdingin di Bumi

0
Bandara Yakutsk dinilai sebagai bandara terdingin di muka bumi dengan suhu mencapai minus 64 derajat. Foto: AskYakutsk.com

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa wilayah atau kota terdingin di bumi adalah kota-kota di Alaska, Greenland, Kanada (Arktik), ataupun Antartika. Meski masih terdapat banyak perdebatan, namun, banyak sumber menyebut bahwa kota dengan suhu paling dingin di bumi adalah Yakutsk, ibu kota dari Sakha Republik, Rusia.

Baca juga: Unik! Qamdo Bangda Airport Punya Runway Terpanjang di Dunia dengan Cuaca Ekstrem Hampir Sepanjang Tahun

Kota ini termasuk salah satu dari tiga kota di Rusia yang ada pada zona permafrost, atau area paling dingin di dunia atau di muka bumi, bersama Norilsk dan Krasnoyarsk.

Sebetulnya, Yakutsk, secara geografi, masih bisa dikalahkan oleh wilayah-wilayah paling utara atau yang berada di cilce kutub Utara atau Arktik. Sebab, kota ini terletak kurang lebih 280 mil dari Arctic Circle. Namun, faktanya, Yakutsk memiliki suhu musim dingin paling buruk -64 derajat Celsius sepanjang musim. Karena itu, kota Yakutsk dimanfaatkan pemerintah sebagai destinasi unik di Rusia untuk orang-orang yang ingin menikmati bagaimana rasanya hidup di zaman es.

Gambaran Bandara Yakutsk saat di musim dingin. Foto: AskYakutsk.com



Saking dinginnya, kota ini bukan hanya terkenal sebagai kota es, namun di kalangan ilmuan, dalam hal ini ilmuan penerbangan di Boeing, juga terkenal sebagai kota yang menantang untuk menguji kekuatan pesawat dan mesin pesawat dalam melawan simulasi terbang, mendarat, dan lepas landas di tengah cuaca dingin ekstrem.

Di kalangan traveler, Permafrost Kingdom Ice Museum mungkin sangat dikenal di Yakutsk, namun, tetap saja, sebelum sampai ke sana, traveler harus berkenalan terlebih dahulu dengan Bandara International Yakutsk.

Dilansir Routes Online, bandara ini pertama kali dibangun pada tahun 1931 dan terminal yang saat ini ada dibangun pada tahun 1996. Seiring tingginya minat wisatawan mancanegara dalam mencicipi suhu ekstrem dan terdingin di muka bumi, bandara yang merupakan hub sembilan maskapai, di antaranya Aeroflot, S7, Yakutia, Polar Airlines, dan Alrosa ini harus menambah terminal baru. Namun tidak demikian dengan runway-nya yang masih hanya satu.

Jarak pandang sangat minim kala musim dingin. Foto: AskYakutsk.com



Meski demikian, bandara ini tergolong cukup luas dengan ketersediaan parking stand di apron bandara mencapai 38 pesawat plus empat helikopter. Di samping itu, dengan berbekal runway kelas satu yaitu 3400 x 60m, Bandara International Yakutsk juga bisa didarati pesawat widebody tanpa batasan berat lepas landas ataupun penerbangan malam karena pencahayaan yang bagus dan berstandar interasional.

Baca juga: Bandara Tribhuvan Kathmandu, Salah Satu Bandara Terburuk di Dunia

Meski terletak jauhTimur Jauh Rusia, bandara ini memiliki konektivitas tinggi, dimana ada 35 rute direct flight atau rute langsung dari bandara ini ke kota-kota besar di Rusia, termasuk Moskow.

Selain itu, bandara yang juga menangani penerbangan penumpang, kargo, dan pos udara ini juga melayani penerbangan direct flight internasional dari beberapa negara federasi Rusia. Menariknya, sekalipun sangat berisiko tinggi untuk pesawat mendarat dan lepas landas di sini, belum pernah terjadi satupun kecelakaan fatal yang menimbulkan korban jiwa.