Inilah CLEAR, Teknologi Baru di Bandara: Penumpang Tak Perlu Keluarkan KTP atau Paspor!

0
CLEAR, teknologi baru di Bandara Internasional Palm Beach. Foto: CLEAR

Jelang perayaan Thanksgiving pada hari ini, 25 November 2021, bandara-bandara di seluruh dunia bersiap menyambut peningkatan traffic penumpang; termasuk Bandara Internasional Palm Beach (PBI), Florida, Amerika Serikat (AS). Bandara ini menghadirkan teknologi CLEAR dimana penumpang tak perlu repot mengeluarkan KTP atau paspor saat pemeriksaan keamanan dan mengurangi antrean.

Baca juga: Teknologi Skrining Baru di Bandara: Tak Perlu Lepas Sepatu!

“Dalam hitungan menit, Anda akan melalui dan masuk ke pemeriksaan fisik dan mudah-mudahan menghabiskan lebih banyak waktu untuk bersantai dan bersantai sebelum perjalanan Anda,” kata Kasra Moshkani, wakil presiden eksekutif CLEAR.

Dilansir palmbeachpost.com, sebelum datang ke bandara dan menikmati teknologi CLEAR, penumpang harus mendaftar secara online terlebih dahulu. Tak disebutkan dengan jelas apa saja yang disiapkan saat mendaftar selain uang.

Setelah terdaftar dan tiba di bandara, penumpang cukup mendatangi gerai CLEAR di berbagai concourse di Bandara Palm Beach, sebelum security checkpoint.

Cara menggunakannya juga simpel, penumpang hanya perlu berdiri di depan perangkat CLEAR dengan jarak sekitar satu meter dan teknologi biometrik pada CLEAR akan membaca data diri penumpang melalui mata dan sidik jari sehingga tak lagi perlu mengeluarkan KTP atau paspor saat skrining keamanan.

Hal ini dipercaya dapat mempercepat proses skrining keamanan bagi penumpang yang menggunakan layanan tersebut. Dengan begitu, kepadatan akan terurai sekalipun traffic sedang meningkat tajam di tengah perayaan thanksgiving.

“Tren lalu lintas penumpang kami cukup dekat dengan 2019, yang merupakan angka rekor untuk PBI,” kata juru bicara PBI, Lacy Larson.

Perlu dicatat, penumpang tidak diwajibkan menggunakan layanan teknologi CLEAR. Bagi mereka yang menggunakan jasa tersebut, dikenakan biaya sekitar US$179 sekitar Rp2,5 juta setahun atau US$15 sekitar Rp215 ribu sebulan (kurs 14.280).

Bagi penumpang yang sesekali bepergian, tentu layanan teknologi CLEAR tidak menarik. Tetapi, bagi penumpang frequent flyer yang bolak-balik bepergian dengan pesawat, itu sangat penting untuk mempercepat proses pemeriksaan dan memberikan lebih banyak waktu untuk istirahat, seperti David Silverman dan istrinya.

“Ini akan mempercepat antrean, Anda tahu. Jika itu akan membuat saya melewati pemeriksaan lebih cepat, itu bagus, dan saya suka teknologi baru,” ujarnya.

Baca juga: Teknologi LIDAR Kini Deteksi Pergerakan Penumpang di Bandara Frankfurt

Saat ini, teknologi CLEAR sudah tersedia di 39 bandara di seluruh negeri, termasuk di Fort Lauderdale-Hollywood International Airport, Miami International Airport, dan Orlando International Airport.

Sebelum digunakan, perangkat CLEAR sudah disertifikasi oleh Departemen Keamanan Dalam Negeri dan dapat digunakan bersama dengan TSA PreCheck, layanan sejenis yang disediakan oleh departemen tersebut untuk mempercepat proses skrining keamanan fisik, dengan biaya US$85 selama lima tahun.