Inilah Sebab Harga Tiket Kereta di Eropa Bisa “Bersaing” dengan Tiket Pesawat

0
Sumber: pinterest

Beberapa sentilan di luar kerap menyebut bahwa Indonesia sebagai negara yang berbanding terbalik dengan yang ada di luar sana. Ya, sebut saja dari sektor transportasinya, jika di Indonesia masih menjadikan pesawat sebagai moda yang paling eksklusif, maka hal berbanding terbalik terjadi di luar negeri. Ya, sebut saja beberapa negara di Eropa sana, ternyata kedigdayaan moda udara hampir setara dengan kereta – bahkan di sejumlah rute, harga tiket kereta api bisa jauh lebih tinggi ketimbang harga tiket pesawat.

Baca Juga: Inilah Penjelasan Lion Air Seputar ‘Tingginya’ Harga Tiket Multiple Flight

Tentu sebagian dari Anda akan bertanya-tanya tentang keunikan ini, “Mengapa bisa harga tiket kereta lebih tinggi ketimbang harga tiket pesawat?”

Guna menjawab pertanyaan ini, KabarPenumpang.com mengutip dari laman simpleflying.com, jawaban yang cukup sederhana untuk menjawab pertanyaan di atas adalah karena jaringan perkeretaapian di Eropa sana sudah ada sejak abad ke-19, dimana perkembangan teknologi yang semakin trengginas harus dibarengi dengan infrastruktur yang memadai.

Nah, maka dari itu, sejumlah operator kereta api di Benua Biru meninvestasikan nominal uang yang tidak sedikit guna memperbaharui infrastruktur yang berkenaan dengan kereta tersebut. Infrastruktur itu sendiri terbagi ke dalam beberapa unit, mulai dari rel, jaringan persinyalan, hingga area persimpangan. Berkaca dari kasus ini saja, Anda sudah bisa membayangkan bukan betapa tingginya dana yang harus dikeluarkan oleh operator kereta? Ini merupakan salah satu faktor dasar yang menyebabkan harga tiket kereta bisa menyalip harga tiket pesawat.

Sementara untuk pesawat, faktor penentu tingginya harga tiket berasal dari harga avtur yang mahal.

Salah satu negara di Eropa yang diketahui memiliki harga tiket kereta paling mahal adalah Inggris. Kendati privatisasi jaringan kereta di Inggris baru terjadi pada periode 1990-an, namun pada tahun 2016 lalu tercatat, harga tiket keretanya meroket hingga 245 persen dari harga semula.

Baca Juga: Ikutan Menjerit Karena Harga Tiket Pesawat Mahal? Cek Dulu Penyebabnya!

Namun itu terjadi pada negara yang bisa dibilang jaringan perkeretaapiannya sudah maju, tidak seperti Indonesia yang masih dalam tahap pengembangan agar bisa memiliki jaringan kereta api yang maju seperti negara-negara di luar sana. Adapun salah satu tolak ukur jaringan perkeretaapian suatu negara bisa dibilang maju adalah kehadiran dari kereta cepat.

Leave a Reply