Inilah Serangkaian Faktor yang Menjadi Penyebab Tabrakan kapal di Laut

Sumber: tribunnews

Dua Kapal Motor Penumpang (KMP) terlibat dalam sebuah kecelakaan di Selat Sunda, Senin (22/4/2019) kemarin. Adalah KMP Windu Karsa Dwitya dan KMP Virgo 18 yang mengalami tabrakan sekira pukul 16.00 WIB. Menurut informasi yang berhasil dihimpun, kecelakaan yang terjadi antara satu hingga 1,5 mil dari dermaga I Pelabuhan Merak ini memakan dua korban – mualim I bernama Endang Roch Basuki dan satu lagi merupakan seorang penumpang.

Baca Juga: Langkah-Langkah Ini Akan Mudahkan Proses Evakuasi Saat Kapal Mengalami Kecelakaan!

Malang, Basarnas hingga saat ini masih melakukan pencarian terhadap Endang karena disinyalir korban tidak bisa berenang. Sedangkan penumpang yang juga jadi korban dalam insiden tabrakan ini segera langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat guna menerima pertolongan pertama.

Nah, berkaca pada insiden di atas, tentu sebagian dari Anda akan bertanya-tanya, mengapa bisa sampai kejadian ini terjadi. KabarPenumpang.com mengutip dari berbagai laman sumber, sejumlah ahli perkapalan menyuarakan pandangan mereka tentang apa-apa saja yang bisa menjadi penyebab kecelakaan di sektor perairan.

Kondisi Cuaca
Tidak bisa dipungkiri, ini menjadi momok yang kerap muncul sebagai penyebab dari suatu kecelakaan di berbagai sektor moda transportasi – tidak terkecuali moda laut. Hempasan ombak dan gelombang tinggi menjadi dua faktor yang kerap menghambat perjalanan moda laut – sampai-sampai membuat celaka.

Kondisi Kapal
Layaknya semua moda, kapal juga harus mendapatkan sertifikasi laik jalan sebelum berlayar. Sebut saja kondisi mesin, kondisi lambung kapal, hingga sistem navigasinya harus berada dalam kondisi prima agar setidaknya dapat menjamin keselamatan suatu pelayaran.

Skill Nakhoda
Ini bisa berbuntut pada generalisasi human error, dimana sebagai pemegang kendali terhadap suatu kapal, tentu saja seorang nakhoda harus piawai betul dalam mengemudikan kapal yang ia bawa. Salah-salah, yang ada kapalnya malah bisa karam!

Baca Juga: Kenapa Kapal Pesiar Bisa Tahan Terjangan Badai? Ternyata Jawabannya Sangat Sederhana!

Pengelolaan Lalu Lintas Laut
Menurut Dr. Eng Trika Pitana, ST, M.Sc, seorang pakar transportasi laut dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), kecelakaan kapal bisa saja karena pengelolaan lalu lintas laut yang kurang tepat sasaran. Jalur lintasan yang terlalu padat merupakan salah satu turunan dari penyebab kecelakaan kapal di laut.

Equipment Error
Sebenarnya ini merupakan turunan dari poin kedua, namun lebih rinci. Ya, piranti komunikasi yang terpasang di kapal harus benar-benar berfungsi sebagaimana mestinya. Ini dimaksudkan agar komunikasi bridge to bridge tetap berjalan lancar – alih-alih menimbulkan kesalahpahaman karena piranti komunikasi yang tidak berfungsi secara optimal.