Inilah Terra 360, Stasiun Pengisian Daya Tercepat untuk Kebutuhan Mobil Listrik

0
Terra 360 akan tersedia di Eropa pada akhir tahun ini. Foto: ABB

Mobil listrik saat ini makin banyak digunakan di dunia. Oleh karena itu, pengisian dayanya pun harus dimaksimalkan setiap menitnya untuk jangkauan yang cukup jauh. Semakin cepat waktu pengisian dan jarak tempuh kendaraan berjalan semakin jauh, maka akan semakin efisien dan memudahkan pengguna.

Baca juga: BlueSG Singapura Hadirkan Stasiun Pengisian Daya untuk Mobil Listrik Lain

Seperti perusahaan teknologi ABB yang membuat terobosan di bidang ini, baru saja mengumumkan apa yang diklaim sebagai pengisi daya kendaraan listrik tercepat di dunia. Di mana pengisi daya ini mampu memberikan jangkauan 100 km (62 mil) hanya dalam hitungan menit.

Dilansir KabarPenumpang.com dari newatlas.com (4/10/2021), pengisi daya tersebut adalah Terra 360 dan dikatakan ABB adalah yang terkuat di dunia. Bahkan ini diposisikan sebagai solusi untuk stasiun pengisian bahan bakar, stasiun pengisian perkotaan, parkir ritel dan armada kendaraan listrik komersial.

Strip lampu LED yang dapat disesuaikan dan layar LCD 27 inci opsional memandu pengguna melalui proses pengisian dan status baterai mereka, dan menghitung mundur menit hingga pengisian selesai. Menurut ABB hitungan ini pun mungkin tidak banyak menit terpakai dalam pengisian.

Terra 360 memiliki output maksimum 360 kW dan perusahaan mengatakan dapat mengisi penuh mobil listrik dalam waktu kurang dari 15 menit. Namun, jika hanya sekedar isi ulang yang diperlukan saat pengguna berhenti untuk menikmati makanan ringan, jarak tempuh tambahan 100 km dapat ditambahkan melalui waktu plug-in kurang dari tiga menit.

Terra 360 sangat mirip dengan pompa bensin biasa, dengan empat port dan kabel sepanjang lima meter (16 kaki) yang memungkinkan pengisian hingga empat kendaraan sekaligus, meskipun pada 90 kW yang lebih lambat. Nantinya, seberapa banyak pengguna jalan dapat memanfaatkan kecepatan pengisian Terra 360 akan tergantung pada kendaraan mereka, dengan tidak semua EV mampu menangani jenis output daya ini.

Karena semakin banyak beredar di jalan-jalan di tahun-tahun mendatang yang dapat berubah, dan jenis solusi pengisian daya ultra-cepat ini dapat memainkan peran besar dalam mengurangi kecemasan jangkauan dan meningkatkan daya tarik mobil listrik. Ada tarif pengisian yang sebanding yang ditawarkan di luar sana, termasuk di sepanjang jaringan pengisian EV Electrify America.

ABB sebenarnya menyediakan beberapa peralatan pengisian daya untuk infrastruktur ini, yang diharapkan menjangkau 3.500 outlet pengisian cepat DC di seluruh AS pada akhir tahun ini. Mereka menawarkan kecepatan pengisian hingga 350 kW dan dikatakan sebagai yang tercepat di dunia. Untuk konteksnya, Supercharger Tesla generasi terbaru menawarkan kecepatan puncak 250 kW.

Baca juga: Cukup Sekali Pengisian, Mobil Listrik Volvo Bisa Menjelajah Hingga 999 Km

“Dengan pemerintah di seluruh dunia yang menulis kebijakan publik yang mendukung kendaraan listrik dan jaringan pengisian daya untuk memerangi perubahan iklim, permintaan akan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik, terutama stasiun pengisian daya yang cepat, nyaman, dan mudah dioperasikan menjadi lebih tinggi dari sebelumnya. Terra 360, dengan opsi pengisian daya yang sesuai dengan berbagai kebutuhan, adalah kunci untuk memenuhi permintaan itu dan mempercepat adopsi e-mobilitas secara global,” kata Frank Muehlon, Presiden Divisi E-mobilitas ABB.