Inilah Tips Beli Tiket Liburan Nataru 2019 versi Ditjen Hubud

0
Sumber: istimewa

Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang jatuh sebentar lagi, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud), Kementerian Perhubungan menghimbau kepada semua calon pengguna transportasi udara untuk selalu teliti saat membeli tiket pesawat. Ketelitian dapat membantu calon pengguna jasa transportasi udara memilah dan memilih berbagai pilihan, baik di Travel Agent maupun di Online Travel Agent (OTA).

Baca Juga: Nah Ini! Trik Unik Buat Cari Tiket Pesawat Murah

Sebagaimana informasi yang diterima KabarPenumpang.com dari siaran pers, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana Banguningsih Pramesti mengatakan bahwa Anda sudah memilih rute dan kelas penerbangan sesuai dengan yang diinginkan. Terkait tarif, Polana menjelaskan, Pemerintah telah mengatur terkait tarif tiket batas atas (TBA) dan Tarif Batas Bawah (TBB) pesawat kelas ekonomi.

“Pemerintah tidak mengatur tarif dasar untuk penerbangan kelas bisnis. Tarif kelas bisnis lebih mahal dari tarif kelas ekonomi,” ujar Polana.

“Perbedaan harga juga mengikuti klasifikasi penerbangan langsung (direct flight) dan tidak langsung (transit),” terangnya.

Pada intinya, ada lima poin yang ditekankan Polana agar bisa menunjang libur Natarru 2019 ini, yaitu:

Pastikan Rute dan Jadwal Penerbangan
Sebelum menghabiskan waktu berlibur, ada baiknya Anda memastikan semuanya terlebih dahulu. Jangan sampai tiket penerbangan yang sudah Anda beli bentrok dengan jadwal kerja Anda.

Memastikan Kelas Penerbangan
Jika Anda masih belum membeli tiket, itu berarti Anda masih bisa menimbang untuk duduk di kelas penerbangan yang mana – apakah economy class atau business class. Tentu saja, fasilitas yang ditawarkan oleh business class lebih nyaman ketimbang economy class – namun hal tersebut harus dibayar dengan lebih tingginya harga yang harus Anda bayar.

Penerbangan Direct atau Transit
Agar perjalanan liburan Anda semua bisa lebih efisien, Anda juga mesti memastikan apakah penerbangan tersebut direct atau transit. Jika memilih penerbangan transit, maka Anda dipersilakan utnuk merencanakan apa yang hendak dilakukan selama masa transit tersebut.

Baca Juga: Mau Berburu Tiket Penerbangan Murah, Simak Tips Disini

Mengisi Data
Ketika mengandalkan OTA, kerap kali orang-orang di luar sana kurang teliti ketika mengisi data. Salah-salah isi data, yang ada Anda malah gagal liburan!

Bagasi
Anda juga harus mengecek soal bagasi gratis di penerbangan Anda, mengingat sejumlah maskapai sudah mulai memberlakukan sistem bagasi berbayar kepada penumpangnya.

Leave a Reply