Inilah Tips untuk Melarikan Diri Jika Mobil Anda Tenggelam!

0
Ilustrasi Mobil Tenggelam. Sumber: istimewa

Memang, tidak ada diantara kita semua di sini yang mengharapkan suatu bencana alam menimpa Ibu Pertiwi. Namun apabila itu terjadi, maka agaknya Anda akan dilanda kebingungan karena campur aduknya perasaan ketika tengah dihadapkan pada situasi tersebut. Sejumlah orang mengatakan untuk tetap tenang ketika tertimpa bencana, namun agaknya itu terlalu klise karena pada dasarnya setiap orang akan panik dan tidak bisa berpikir jernih.

Baca Juga: Tips Ini Bisa Bantu Hilangkan Udara Panas Dalam Kabin Mobil

Nah, di sini KabarPenumpang.com akan berbagi sedikit tips tentang apa saja yang harus Anda lakukan jikalau mobil yang Anda kendarai tersapu gelombang tsunami atau nyemplung ke dalam sungai atau danau. Kiranya tips ini bisa Anda amalkan ketika dalam situasi terdesak.

Lepas Sabuk Pengaman
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melepaskan sabuk pengaman yang mengikat. Jika tombol pembuka sabuk pengaman macet, gunakanlah kunci atau benda tajam lainnya guna memotong sabuk pengaman. Ketika sabuk pengaman sudah terbuka, maka kemungkinan Anda untuk keluar dari dalam mobil menjadi bertambah.

Buka Kaca
Ketika mobil Anda tenggelam, jangan pernah berusaha untuk membuka pintu – karena sejatinya tekanan yang ada di luar jauh lebih besar ketimbang yang ada di dalam. Maka dari itu, satu-satunya akses bagi Anda untuk keluar dari mobil yang sedang tenggelam adalah melalui kaca.

Jika kaca macet, tetap jangan buka pintu. Cobalah untuk mendobrak kaca dengan menggunakan alat yang ada di dalam mobil, seperti kunci stang dan lain-lain.

Selamatkan Anak Terlebih Dahulu
Berbanding terbalik dengan instruksi keselamatan di dalam pesawat, yang harus Anda keluarkan terlebih dahulu dari mobil adalah anak Anda. Jika sudah keluar, barulah Anda boleh menyusulnya keluar.

Baca Juga: Tips Sopan Buang Angin Selama Perjalanan, Intinya Harus Tetap “Dicicil”

Ikuti Gelembung Udara
Dalam keadaan panik, kadang Anda tidak bisa menentukan arah kemana harus berenang. Nah, sebenarnya tips ini juga bisa Anda aplikasikan jika tersesat di bawah laut. Sebelum keluar dari mobil, tariklah napas dalam-dalam dan ikutilah kemana arah gelembung udara. Karena gelembung udara akan mengantarkan Anda menuju permukaan air.

Leave a Reply