Insiden Landing Gear Boeing 737-800 SpiceJet, Drama Pendaratan Darurat Yang Dramatis!

Tidak ada seorang pun yang mengharapkan proses lepas landas tidak berjalan dengan mulus, begitupun dengan penumpang yang berada di dalam pesawat Boeing 737-800 maskapai SpiceJet beberapa waktu yang lalu. Sebanyak 199 penumpang yang berada di dalam Low Cost Carrier (LCC) asal India ini harus berbesar hati menyaksikan secara langsung dua drama yang sarat akan adrenalin dari dalam pesawat. Tak ayal, nuansa perjalanan yang menyenangkan pun sontak berubah menjadi mencekam.

Baca Juga: Bermasalah di Mesin, Airbus A330 China Eastern Terpaksa Return to Base

Berdasarkan lansiran yang dikutip KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, maskapai SpiceJet yang hendak lepas landas dari Bandara Internasional Chennai pada Kamis (8/2/2018) siang mengalami masalah pada landing gear mereka. Sayangnya, masalah pada perangkat utama pendaratan ini baru terdeteksi ketika pesawat sudah berjalan di landas pacu.

Pilot maskapai ini pun baru mengetahui ada masalah pada landing gear ketika pihak Air Traffic Controller (ATC) berusaha menghubungi mereka melalui jaringan telekomunikasi. Namun tidak ada istilah ‘batal mengudara’ ketika pesawat sudah menyentuh landas pacu, terlebih ketika pesawat sudah memacu penuh tenaga pendorongnya. Alhasil, drama pertama pun dimulai ketika maskapai SpiceJet ini mengudara dengan kondisi landing gear yang rusak.

Berdasarkan pantauan petugas ATC Bandara Internasional Chennai, mereka melihat kepulan api yang melahap ban belakang dari armada SpiceJet ini ketika pesawat hendak lepas landas. Beberapa saat setelah pesawat meninggalkan daratan, ban kanan belakang yang berapi-api tersebut pun meledak. Imbasnya, cairan hidrolik yang tersimpan dekat dengan ban ini membanjiri landas pacu utama bandara tersibuk ketiga di India ini.

Pilot SpiceJet yang tiada henti berkomunikasi dengan pihak ATC terus berusaha untuk mendaratkan pesawat yang berada dalam kondisi tidak prima tersebut. Opsi pertama pesawat bisa mendarat di Bandara Vijayawada, namun sayangnya bandara tersebut tidak memiliki fasilitas pendaratan darurat yang memadai. Akhirnya pihak ATC Bandara Internasional Chennai memerintahkan maskapai SpiceJet yang tengah bermasalah tersebut untuk return to base ke landas pacu Chennai.

Setelah mendapat lampu hijau dari petugas ATC, pilot lalu melakukan pendaratan darurat di landas pacu Bandara Chennai. Kendati maskapai SpiceJet tersebut mengalami pecah ban, namun pilot tetap bisa mendaratkan pesawat dengan selamat. Kondisi ban yang sudah tidak terlindung karet ini membuat landas pacu tersebut rusak. Walaupun sudah melewati dua drama menegangkan dalam penerbangan gagal tersebut, namun keseluruhan penumpang dan awak kabin SpiceJet selamat.

Baca Juga: Bird Strike Paksa AirAsia QZ104 ‘Return to Base’ di Bandara Kualanamu

Alhasil, pihak bandara harus menutup sementara proses penerbangan dan pendaratan hingga pukul 18.45 waktu setempat. Sejumlah maskapai yang dijadwalkan berangkat pada rentang waktu tersebut pun terpaksa mengalami keterlambatan penerbangan.

Drama lain kembali muncul ketika pihak ATC Bandara Internasional Chennai menerima laporan dari sebuah pesawat kargo asal Ethiopia yang meminta ijin untuk melakukan pendaratan darurat dikarenakan bahan bakar mereka hampir habis. Padahal landas pacu bandara tersebut masih ditutup karena kerusakan yang terjadi akibat pendaratan darurat maskapai SpiceJet.

Setelah melakukan beragam pertimbangan, akhirnya petugas ATC Chennai mengijinkan pesawat kargo tersebut untuk melakukan pendaratan darurat di landas pacu kedua mereka.