Thursday, June 13, 2024
HomeBandaraIsrael Akan Meluncurkan Sistem eTA untuk Pelancong dari Negara Bebas Visa

Israel Akan Meluncurkan Sistem eTA untuk Pelancong dari Negara Bebas Visa

Meski menjadi pusat kemarahan dunia atas agresi serta kebiadabannya di Gaza, namun Israel punya daya pikat tersendiri bagi para pelancong religi, lantaran keberadaan Yerusalem yang menjadki sentra penting bagi tiga agama. Dan belum lama ini, pihak imigrasi Israel memberlakukan aturan baru bagi pelancong asing yang ingin masuk ke Israel, jelas akan lebih ketat.

Baca juga: Jadi Simbol Konflik Israel-Palestina, Inilah Sejarah Panjang Bandara Ben Gurion di Tel Aviv

Seperti dikutip The Time of Israel (28/5/2024), Israel akan meluncurkan sistem Electronic Travel Authorization (eTA) untuk wisatawan dari negara bebas visa. Israel mengatakan pihaknya akan beralih ke sistem eTA bagi pengunjung dari negara-negara bebas visa mulai bulan Agustus, bergabung dengan Inggris, Amerika Serikat, Kanada dan negara-negara lain yang memiliki sistem tersebut.

Pengunjung dari negara non-visa akan memerlukan ETA untuk tinggal hingga 90 hari di Israel, karena sebelumnya dapat mengunjungi negara tersebut tanpa eTA. Masuknya akan terus ditentukan oleh petugas pengawas perbatasan, seperti di negara lain dengan sistem serupa.

Program percontohan sistem eTA-IL akan dimulai pada tanggal 1 Juni bagi pemegang paspor AS dan Jerman dan akan terbuka bagi pengunjung dari negara bebas visa lainnya pada tanggal 1 Juli.

eTA-IL akan diwajibkan mulai 1 Agustus, “dan pengunjung tidak akan bisa naik pesawat ke Israel tanpanya”, kata Otoritas Kependudukan dan Imigrasi Israel dalam sebuah pernyataan.

Biayanya NIS 25 ($6,80) dan masa berlakunya hingga 2 tahun, atau hingga paspor saat ini habis masa berlakunya. Untuk mendapatkan paspor baru atau perubahan nama atau jenis kelamin, diperlukan permohonan izin perjalanan baru.

Pengunjung dari negara yang tidak memenuhi syarat masih memerlukan visa di konsulat Israel sebelum melakukan perjalanan, dan tidak perlu mendapatkan eTA-IL.

Ben Gurion, Bandara Paling Aman dengan Standar Keamanan Tertinggi di Dunia

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru