Tuesday, April 16, 2024
HomeHot NewsIsu Informasi Perubahan Rute KRL Jabodetabek: Cikarang Line Lewat Jalur Loop Line?

Isu Informasi Perubahan Rute KRL Jabodetabek: Cikarang Line Lewat Jalur Loop Line?

Perjalanan KRL di wilayah Jabodetabek memang sudah di atur sedemikian rupa. Seperti jalur Central Line (Jakarta Kota/Angke – Bogor) – Cikarang Line (Cikarang/Bekasi – Jakarta Kota), Loop Line (Manggarai – Tanah Abang – Jatinegara), Rangkasbitung Line (Rangkasbitung/Serpong – Tanah Abang), Tangerang Line (Tangerang – Duri), dan Tanjung Priok Line (Tanjung Priok – Kampung Bandan – Jakarta Kota). Dari rute KRL tersebut penumpang sudah terbiasa menggunakan KRL ke tujuan yang diinginkan apalagi cukup melihat peta rute KRL yang terpajang di dalam KRL maupun di stasiun – stasiun.

Baca juga: Masih Belum Tau? Catat, Ini Stasiun Transit yang Dilintasi KRL Jabodetabek

Namun, beredar kabar bahwa rute KRL akan dirubah jalurnya. Memang belum ada informasi akurat terkait hal tersebut. Menurut pantauan kabarpenumpang.com pada Rabu, 18 Mei 2022 saat selesai aktivitas jam kantor, beberapa kali rute KRL dari Bogor menuju Angke melewati jalur 3 Stasiun Manggarai, yang seharusnya melewati jalur 6. Saat KRL tujuan Angke memasuki jalur 3, seharusya KRL juga berada di jalur 6 (saat jalur penuh). Ini menguatkan rasa penasaran saat kabar perubahan rute tersebut benar – benar dijalankan. Belum lagi para penggemar kereta api pun berpikiran kuat akan hal tersebut.

Kabar yang tersebar tentang perubahan rute KRL ternyata mengacu pada jalur Manggarai – Angke. Dari pantauan kemarin, penumpang ke arah Bekasi dan Cikarang memang sangat padat saat transit di Stasiun Manggarai. Saat KRL tiba dari arah Angke dan masuk jalur 7, banyaknya penumpang berpindah ke jalur 3 untuk menunggu KRL tujuan Bekasi maupun Cikarang.

Isu perubahan rute KRL yang sempat menjadi perbincangan di kalangan penggemar kereta api terutama mengacu pada jalur Cikarang Line. Jalur tersebut saat ini melewati rute dari Cikarang, Bakasi, Manggarai, Jakarta Kota. Namun dirubah perjalanannya menjadi Cikarang, Bekasi, Manggarai, Tanah Abang, Angke, Jatinegara, Bekasi, Cikarang, begitu pun sebaliknya. Lalu untuk Central Line meliputi Bogor, Depok, Jakarta Kota. Namun untuk rute Nambo nantinya hanya memiliki rute Depok – Nambo pp. saja.

Baca juga: Inilah Jarak Antar Dua Stasiun KRL Jabodetabek yang Disebut ‘Terpendek dan Terpanjang’

Kita tunggu saja apakah informasi tersebut jelas adanya atau memang hanya kabar burung semata. Yang pasti jika memang adanya perubahan rute KRL, penumpang kembali dipersiapkan untuk adaptasi baru agar tidak salah naik dan tidak membingungkan para penggunanya. Dan diharapkan selalu melihat jadwal dan rute KRL yang tersedia di dalam KRL, stasiun, maupun aplikasi KRL Access. (PRAS – Cinta Kereta Api)
























RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru