Jadi Gubernur, Ini Janji Anies Atasi Masalah Transportasi di Jakarta

0
Poskotanews.com

Sebagai kota yang penuh dengan segala kemajemukannya, Jakarta memiliki beban terberat dibandingkan dengan kota lainnya. Hal ini karena Jakarta adalah ibu kota negara Indoensia, dimana segalanya ada di kota metropolitan. Baru-baru ini, gubernur terpilih yakni Anies Rasyid Baswedan yang akan mulai menjabat Oktober 2017 mendatang memiliki segudang janji-janji untuk masalah transportasi kota Jakarta.

Anies menjanjikan banyak sarana transportasi yang akan dibenahi dari mulai angkutan umum seperti Metromini, Kopaja, Mikrolet, KWK, Transjakarta dan angkutan umum lainnya. Anies pernah mengatakan pembenahan angkutan umum ini agar warga Jakarta bisa naik transportasi umum dan kendaraan pribadi di parkir di rumah.

Gubernur yang akan menjabat Oktober mendatang ini juga megatakan akan membuat satu kartu yang bisa terintergrasi dari kapal Kepulauan Seribu dengan angkutan-angkutan di Jakarta. Nantinya kartu terintegrasi ini setiap sekali penyeberangan dan melanjutkan dengan transportasi lainnya masyarakat akan dikenakan biaya Rp5 ribu saja. Memang mencenangkan, sebab tarif perahu dari Muara Angke ke Pulau Pramuka dan sekitarnya sekali perjalanan sekitar Rp40 ribu.

Berdemokrasi.com
Berdemokrasi.com

Tak hanya kartu untuk integrasi, Anies juga berjanji akan membuat angkutan umum yang masuk dan megantarkan penumpang ke perumahan-perumahan yang belum terintegrasi angkutan umum. Bersama dengan wakilnya, Anies juga berjanji akan secepatnya menyelesaikan proyek LRT yang saat ini dalam tahap pembangunan dan membuat transportasi murah agar semua rakyat Jakarta bisa menikmati angkutan umum dengan Rp5 ribu untuk keliling Jakarta.

Padahal, saat ini sudah ada bus TransJakarta dan bisa digunakan masyarakat ibu kota yang mau berkeliling Jakarta dengan mengeluarkan dana untuk membayar ongkos Rp3500 saja. Belum lama juga ada KWK yang sudah terintegrasi dengan TransJakarta dengan kartu Rp15 ribu yang bisa di gunakan penduduk Jakarta selama sebulan dan baru ada tiga rute yang terintegrasi. Selain itu, integrasi TransJakarta dengan KWK saat ini menggunakan teknologi canggih

Semua janji-janji yang menggiurkan dan memudahkan ini belum jelas apakah akan terealisasi atau sekedar janji manis untuk warga Jakarta. Mungkin akan terealisasi namun bisa saja tak terealisasi dan mengganti semuanya atau melanjutkan yang sudah ada sebelumnya. Tanda tanya besar dan masih menunggu hingga Anies menjabat menjadi Gubernur yang sah untuk hasil yang pasti baik dalam 100 hari kerjaa ataupun selama menjabat Gubernur periode 2017-2022.

Leave a Reply