Jaga Barang Agar Tak Dicuri, Ini Dia Tips Pencegahannya

Airchive.com

Sebagai seorang pelancong yang sering sekali bepergian pastinya sudah tahu barang apa saja yang akan dibawa selama perjalanan Anda. Apalagi jika Anda melancong keluar negeri, dengan jangka waktu yang tidak sebentar sehingga membuat Anda membawa tas mungkin lebih dari satu. Tas yang Anda bawa juga pastinya harus masuk dalam bagasi bila ukurannya cukup besar.

Baca juga: Bosan Antri Lama di Bandara, Begini Cara Cepat Ambil Barang di Klaim Bagasi

Namun, terkadang Anda berpikir barang tersebut bisa saja hilang saat akan dilakukan kalim bagasi. KabarPenumpang.com melansir dari chicagotribune.com (4/10/2017), baru-baru ini pihak kepolisian di Amerika Serikat menangkap sepasang pencuri di kota Phoenix yang dicurigai telah mencuri hampir 1000 tas dari penumpang di Bandara Internasional Phoenix Sky Harbor. Meskipun maskapai mengatakan telah mengembalikan semua tas yang dilaporkan hilang oleh pemiliknya dan hanya sebagian kecil yang benar-benar hilang karena di curi, salah tempat atau hal lainnya.

Berikut ini KabarPenumpang.com memberikan 10 tips untuk mencegah barang Anda di curi dalam perjalanan.

1. Jangan terlalu sering cek tas
Jika bepergian ke tempat yang tidak terlalu jauh dan baiknya jangan terlalu sering mengecek tas Anda. Bila masih bisa masuk ke kabin dan tidak dikenakan biaya tambahan bawa bersama Anda.

2. Simpan barang berharga bersama Anda
Jangan pernah memasukkan barang berharga dalam bagasi, ada baiknya tetap bawa bersama tas yang Anda jinjing masuk ke kabin. Ini bisa mencegah Anda kehilangan barang atau tas.

3. Membuat tas berbeda dari yang lain
Bila bepergian, bawa tas yang sedikit mencolok, sebab akan mudah di temukan. Jika hilang pastinya tas Anda bisa langsung ketahuan. Biasanya untuk membuat tas mencolok pilih warna yang sedikit lebih terang dan berbeda dengan yang lainnya.

4. Gunakan barang murah
Setiap bepergian, jangan pernah menggunakan barang yang mewah atau berlebihan apalagi tas. Sebab tas yang mahal pasti menjadi incaran para pencuri.

5. Jangan bermalas-malasan
Saat akan bepergian harus semangat jangan pernah berpikir untuk bermalas-malasan apalagi akan mengambil barang di klaim bagasi. Usahakan sampai di bagasi klaim lebih cepat untuk bisa melihat dan mengambil barang Anda.

Baca juga: Koper Anda Hilang atau Tertukar? Baggage Claim Jadi Solusinya

6. Tetap waspada
Selalu waspada dan perhatikan barang bawaan Anda dimana pun berada, apalagi di bandara. Jangan lengah karena bisa mengakibatkan barang bawaan Anda hilang.

7. Hindari transit
Jika Anda bepergian usahakan untuk melakukan direct flight, pasalnya dengan transit probabilitas barang untuk terselip atau hilang saat berpindah pesawat akan lebih besar di bandara transit.

8. Ajukan klaim segera mungkin
Saat tahu tas hilag, ajukan klaim ke bagian klaim bagasi maskapai. Ini untuk memudahkan Anda bila barang tidak hilang bisa di kembalikan atau ada penggantian dari pihak maksapai jika barang Anda benar-benar hilang.

10. Mempertimbangkan asuransi
Jika tak ingin mengambil risiko, sebelum berangkat baiknya asuransikan tas Anda, apalagi dengan brand tas ternama. Setidaknya, jika barang Anda hilang ada penggantian dari pihak asuransi.