Jalur Kereta Komuter di Yogyakarta, Bakal Hadir dari Berbagai Arah!

0
Stasiun Maguwo

Sebentar lagi Daerah Istimewa Yogyakarta akan memiliki kereta komuter yang akan membuka akses dari berbagai jalur yakni utara-selatan, barat-timur dan Bandara Kulon Progo yang tengah dalam pembangunan. Adanya rencana pembangunan infrastruktur perkeretaapian DIY sendiri disambut gembira oleh masyarakat Yogyakarta.

Baca juga: KA Solo Ekspres Mengular di Jalur Kereta Api Solo-Yogyakarta-Kutoarjo

Pasalnya, dengan adanya ini, tak hanya pembukaan akses yang terbuka tetapi peningkatan ekonomi dan yang lainnya juga akan semakin bertambah. KabarPenumpang.com merangkum dari gudeg.net, dengan rencana pembangunan kembali, maka akan menghidupkan beberapa stasiun kecil dan mereaktivasi beberapa jalur kereta yang selama ini terbengkalai.

Meski rencana sudah ada, pembangunan proyek dengan skala masif akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Bahkan untuk penyelesaian pengerjaannya diperkirakan membutuhkan waktu hingga tahun 2036 mendatang.

“Program DIY jalur utara-selatan, barat-timur, ini jalur gabungan. Sebagian (rel) baru, sebagian lagi reaktivasi. Nanti relnya elevated,” jelas Yuni Karuniawati, Staf Bidang Angkutan Dishub Provinsi DIY.

Saat ini jalur yang akan menjadi prioritas dalam rencana ini adalah dari Bandara Kulon Progo menuju Brambanan dimana diharapkan beroperasi April 2019 mendatang. Berikut ini beberapa stasiun yang dilalui kereta komuter Bandara Kulonprogo-Kedundang– Yogyakarta–Brambanan.

Stasiun Bandara Kulonprogo, Stasiun Kedundang, Stasiun Wates, Stasiun Kalimenur, Stasiun Sentolo, Stasiun Sedayu, Stasiun Rewulu, Stasiun Patukan, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Timoho, Stasiun Janti, Stasiun Maguwo, Stasiun Kalasan dan Stasiun Brambanan.

Baca juga: Lalui Wilayah Borobudur, Jalur Kereta Api Yogyakarta-Magelang Siap di Reaktivasi

Jalur Bandara Kuloprogo–Parangtritis yang meliputi, Stasiun Bandara Kulonprogo, Stasiun Pleret, Stasiun Brosot, Stasiun Pantai Baru, Stasiun Samas dan Stasiun Parangtritis.

Jalur Borobudur –Yogyakarta–Palbapang–Sama, Stasiun Borobudur, Stasiun Mendut, Stasiun Pabelan, Stasiun Muntilan, Stasiun Muntilan Kidul, Stasiun Dangeyan, Stasiun Tegalsari, Stasiun Semen, Stasiun Tempel, Stasiun Ngebong, Stasiun Medari, Stasiun Sleman, Stasiun Pangukan, Stasiun Beran, Stasiun Mlati, Stasiun Kutu, Stasiun Kricak, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Ngabean, Stasiun Dongkelan, Stasiun Winongo, Stasiun Cepit, Stasiun Bantul, Stasiun Palbapang dan Stasiun Samas.

Leave a Reply