Jangan Asal Melipir, Ini Dia Tips Aman Gunakan Fasilitas di Rest Area

0
Sumber: otonomi.co.id

Melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan kendaraan pribadi memang menyenangkan. Selain kita bisa bebas pergi di kota tujuan tanpa harus bersusah payah menggunakan kendaraan umum yang ada di sana, pengalaman selama perjalanan pun bisa membawa cerita tersendiri. Selain itu, kita juga bisa bebas memilih rute yang hendak ditempuh, berbeda dengan jika kita menggunakan kendaraan umum yang rutenya sudah ditentukan oleh pihak penyedia jasa layanan.

Baca Juga: Mau Travelling, Ini Tips Buat Melipat Pakaian Yang Hemat Tempat!

Namun, tidak melulu kondisi fisik mendukung kita untuk terus melakukan perjalanan tersebut tanpa beristirahat. Terkadang kita harus menepi sejenak untuk menghilangkan rasa lelah dan kantuk yang mulai menggelayuti mata. Jika diperhatikan, sudah banyak lahan kosong yang disulap menjadi tempat beristirahat, baik di jalan tol maupun di jalan umum yang menghubungkan satu daerah dengan daerah lainnya.

Jika Anda mulai lelah di perjalanan, segeralah menepi. Tapi, jangan asal menepi lho! Mengingat tempat beristirahat tersebut merupakan tempat asing bagi kita, maka diperlukan kewaspadaan ekstra terhadap kemungkinan terjadinya tindak kriminal yang dikhawatirkan akan mengganggu perjalanan Anda. Berikut KabarPenumpang.com paparkan lima tips memilih tempat beristirahat yang aman dilansir dari laman adventure.howstuffworks.com.

Tetap Awas Terhadap Kondisi Sekelilingmu
Jangan biarkan rasa lelah mengganggu fokus Anda, tetaplah “melek” akan kondisi sekelilingmu. Perhatikan lokasi istirahat Anda, jangan lupa catat patokan yang akan memudahkan pihak yang berwenang menjangkau tempat Anda jikalau ada kejadian yang tidak diinginkan, seperti tindakan kriminal atau kondisi darurat lainnya. Usahakan juga untuk tidak parkir di tempat yang terpencil atau jauh dari keramaian tempat istirahat, karena dikhawatirkan di sanalah tepat orang-orang yang memiliki niat jahat berada.

Parkirlah di Tempat yang Terang dan Aman
Biasanya orang-orang yang memiliki niat jahat akan berpikir berulang kali untuk melancarkan aksinya di tempat yang terang, karena gerak-geriknya akan mudah terlihat oleh orang-orang yang berada di sekitarnya. Selain parkir di tempat yang terang, usahakan juga untuk parkir di tempat yang aman dan juga mudah terpantau oleh Anda.

Pilah Pilih Tempat Beristirahat
Jangan sembarangan memilih tempat beristirahat, pastikan tempat yang Anda pilih aman dan layak. Lebih baik Anda mencari tempat yang sedikit lebih jauh namun aman ketimbang Anda berhenti di tempat yang terlihat kurang aman. Pastikan juga Anda mengunci kendaraan dengan baik dan tidak meninggalkan barang-barang berharga di dalam mobil.

Baca Juga: 6 Tips Ampuh Menahan BAB Saat Perjalanan Jauh

Lakukanlah Semuanya Secara Wajar
Tetaplah berlaku santun terhadap semua orang yang Anda temui di tempat peristirahatan. Janganlah berlaku angkuh selama berada di tempat beristirahat karena dengan begitu, orang-orang yang memiliki niat jahat akan berasumsi bahwa Anda berasal dari kalangan berada dan mulai menyusun rencana untuk melancarkan aksi jahatnya.

Usahakan Untuk Tidak Bermalam
Walaupun kondisi Anda sudah sangat lelah, usahakan untuk tidak bermalam di sana. Banyak negara yang telah membuat peraturan untuk tidak bermalam di tempat beristirahat karena adanya peningkatan tindak kriminal di sana. Jika terpaksa, pastikan kendaraan Anda sudah dikunci dengan baik dan diparkirkan di tempat yang aman, seperti di depan mini market, karena biasanya di mini market ada kamera pengawas yang memantau ke arah luar sehingga kendaraan Anda bisa terpantau oleh kamera pengawas tersebut.

Leave a Reply