Jangan Bingung, Yuk Pahami Istilah Penerbangan yang Dikira Mirip Tapi Berbeda Maksudnya

0
Boeing 787-10 Dreamliner milik Singapore Airlines. Sumber: Airways Magazine

Bepergian dengan pesawat, banyak istilah yang mungkin membuat Anda bingung. Bahkan istilah ini mirip dan banyak yang menyebutnya sama, padahal ini adalah istilah dengan arti yang berbeda. Dan ternyata ada sepuluh istilah yang sering membuat penumpang bingung dan diluruskan. Nah, berikut lima pasang istilah perjalanan udara yang tepat, karena dapat memengaruhi perjalanan Anda secara signifikan.

Baca juga: Inilah Perbedaan Airlines dan Airways di Dunia Penerbangan

Penerbangan langsung vs non-stop
Penerbangan nonstop adalah penerbangan yang langsung dari satu bandara ke bandara lainnya tanpa henti. Sedangkan penerbangan langsung, pesawat akan membawa penumpang dari satu bandara ke bandara lain tetapi dapat berhenti sebentar di bandara perantara di sepanjang jalan. Di mana penumpang lain dapat turun atau naik. Contohnya Singapore Airlines yang memiliki penerbangan nonstop dari Singapura menuju ke San Francisco yang juga mengoperasikan penerbangan langsung ke tempat yang sama. Namun bedanya untuk penerbangan langsung ke San Francisco, Singapore Airlines akan berhenti di Bandara Hong Kong.

Transit vs transfer
Ini juga sering ambigu dan dianggap sama. Padahal, transit adalah Anda akan kembali ke pesawat yang sama setelah singgah sebentar di bandara dan melanjutkan perjalanan. Biasanya juga hanya menggunakan satu tiket. Sedangkan transfer adalah, Anda mengubah pesawat atau maskapai. Jika harus melakukan transfer, pastikan waktu cukup untuk sampai ke gerbang atau terminal berikutnya. Periksa juga waktu koneksi minimum yang diterbitkan oleh bandara atau maskapai penerbangan. Ini sangat penting jika Anda terbang dengan maskapai berbiaya rendah (LCC) dan pindah ke maskapai layanan penuh (FSC), karena Anda mungkin harus melewati bea cukai, mengambil bagasi, lalu check in untuk penerbangan berikutnya untuk mendapatkan boarding pass Anda berikutnya, yang akan memakan waktu lebih lama.

Tiket open-jaw vs round robin
Open-jaw berarti Anda terbang dari titik A ke B, lalu dari titik C kembali ke A. Untuk open-jaw, Anda akan bertanggung jawab untuk membawa diri Anda dari titik B ke C, baik dengan penerbangan di maskapai lain atau dengan moda transportasi lain seperti mobil, kereta api, atau bahkan feri dan kapal pesiar, jadi buatlah pengaturan yang sesuai. Di sisi lain, tiket round robin adalah ketika Anda terbang dari titik A ke B, lalu dari titik B ke C, dan terakhir dari C kembali ke A. Untuk membeli tiket round robin, klik opsi multi-kota di situs web maskapai.

Split vs tiket pulang
Tiket terpisah mengacu pada pembelian dua set tiket sekali jalan atau sekali jalan untuk mencapai tujuan Anda. Dengan tiket pulang-pergi, semuanya termasuk pemberhentian yang ada dalam rencana perjalanan. Orang biasanya membeli tiket split di LCC karena tarif totalnya bisa lebih murah daripada tarif pulang-pergi dengan FSC, tetapi bersiaplah untuk menghabiskan waktu ekstra untuk meneliti waktu dan rute penerbangan untuk menemukan rencana perjalanan terbaik untuk rencana Anda.

Baca juga: Tangani Masalah Penumpang Saat Connecting Flight, United Airlines Punya “Connection Saver”

Sekat vs kursi baris pintu keluar darurat
Kursi sekat terletak tepat di belakang sekat pada bidang yang memisahkan kelas atau bagian, yaitu toilet atau dapur. Kursi baris pintu keluar darurat terletak di tempat pintu keluar berada. Perhatikan bahwa tidak semua penumpang memenuhi syarat untuk mendapatkan kursi pintu keluar darurat dan setiap maskapai memiliki kriterianya sendiri. Anda juga akan diberi pengarahan oleh awak kabin tentang tanggung jawab yang harus dilakukan jika pesawat perlu dievakuasi.