Jangan Salah Kaprah, Ternyata ini yang Dimaksud Janitor di Kereta Api

Sumber: indianexpress.com

Hadirnya toilet di sarana transportasi seperti kereta memang sangat membantu penumpang selama perjalanan. Mereka dapat buang air atau hanya sekedar mencuci muka saja di sana. Namun pernahkah Anda perhatikan ada satu bilik yang bertuliskan janitor di bagian bordes kereta? Walaupun tidak semua gerbong memiliki bilik ini, namun minimal di setiap rangkaian memiliki satu janitor. Sebenarnya, apa sih janitor itu?

Baca Juga: Mengenal Polsuska, Penegak Peraturan di Kereta Api

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, janitor sendiri berasal dari Bahasa Inggris yang berarti pesuruh atau pembersih kantor. Jika dikaitkan dengan bilik janitor yang ada di gerbong kereta, maka kiranya Anda sudah bisa menarik kesimpulan sendiri. Ya, janitor merupakan bilik khusus yang disediakan untuk para tenaga pembersih kereta.

Layaknya seorang direktur yang memiliki ruangan sendiri, janitor ini dipenuhi oleh ‘senjata’ yang biasa digunakan untuk menjaga kereta tetap kinclong, seperti kain pel, sapu, pengki, lap, dan lain-lain. Tidak jarang juga bilik ini diisi dengan baju non-formal sang pembersih sebelum mereka bertransformasi menggunakan seragam. Kendati sudah akrab dengan dunia kebersihan, namun tidak sedikit juga negara di belahan dunia sana mengartikan janitor sebagai petugas pemeliharaan dan keamanan.

Laman wikipedia.com menyebutkan, adapun beberapa tugas dari seorang janitor secara umum adalah membersihkan toilet dan mengisi ulang perlengkapan di dalam toilet, membersihkan lantai (menyapu dan mengepel), mengambil kotoran yang tercecer di lantai, membuang sampah di tong, membersihkan minuman atau makanan yang tercecer, dan masih banyak lagi. Tidak jauh-jauh, semuanya berkaitan dengan kebersihan dan kenyamanan bersama.

Baca Juga: Sembunyi dari Kondektur Tiket Kereta, Masih Bisakah?

Walaupun definisi dan tugas seorang janitor di atas merupakan definisi umum, namun hal yang sama pula dikerjakan oleh petugas janitor di kereta api. Mereka harus membersihkan setiap gerbong setiap harinya, sehingga penumpang merasakan kenyamanan lebih dan secara otomatis akan meningkatkan penilaian dari keseluruhan moda yang ditunggangi oleh PT KAI tersebut.