Jangan Salah Naik, Bus Scania ini Hanyalah Sebuah Mural!

Sumber: istimewa

Siapa dari Anda yang sering naik bus sekolah ketika mengenyam bangku pendidikan? Bertemu dengan teman-teman dari kelas lain dan saling bertukar cerita menjadi bagian seru yang tidak boleh terlewatkan, bukan? Nah, tapi hati-hati ketika Anda mengunjungi Kerala, India dimana di salah satu sekolahnya terdapat sebuah bus yang tidak pernah jalan sama sekali – bahkan sejak pertama kali kemunculannya. Duh, ini bus apa ya?

Baca Juga: Seni Graffiti di Inggris, Kebanggaan Kaum Bronx yang Sisakan Kesan Kotor dan Tidak Terjaga

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman cartoq.com (24/2/2019), bus yang terparkir rapi di depan Government Model Boys’ Higher Secondary School, Attingal, Kerala bukanlah selayaknya bus sekolah yang biasa ditemui di sekolah-sekolah pada umumnya – melainkan hanya sebuah mural yang diciptakan oleh seorang seniman. Lukisan yang sangat realistik tersebut kerap mengecoh setiap orang yang melihatnya. Sontak, foto-foto dari mural bus ini menjadi bahan pembicaraan hangat di berbagai platform media sosial, seperti Facebook dan Whatsapp.

Pada caption foto yang tersebar ini, tertulis, “jangan menganggap ini merupakan bus KSRTC yang menabrak sebuah pohon di sekolah,”

Sumber: dailyhunt.in

Ya, pada gambar-gambar yang tersebar di sosial media tersebut, memang tampak sebuah bus Scania berwarna hitam bertuliskan “GOVT. VEHICLE” – lengkap dengan gambaran penumpang beserta pengemudinya yang seolah terpantulkan oleh kaca depan bus. Pada gambar tersebut, terlihat seperti sebuah bus Scania yang terparkir di dekat beranda sekolah. Uniknya lagi, mural ini memiliki skala perbandingan 1:1.

Tidak ada yang mengetahui secara persis siapa seniman di balik mural realistis ini, namun beberapa ada yang meyakini bahwa Suresh Babu merupakan seniman yang ‘bertanggungjawab’ di balik pembuatan mural yang sempat viral di India ini.

Baca Juga: Lukisan Dinding Ramaikan 100 Stasiun di India

Jika diperhatikan hingga ke belakang, barulah Anda akan sadar bahwa ini hanyalah sebuah mural – bukan bus yang sebenarnya. Karena mural ini tidak memiliki ban dan bagian yang menonjol lainnya, seperti spion, gagang pintu, dan lain sebagainya.

Wah, kalau mural seperti ini ada di Indonesia, nampaknya akan menjadi sasaran jepret fotografer dan milenial jaman sekarang, ya!