Jangan Sembarang Buka Sepatu di Dalam Kabin Pesawat, Inilah Sebabnya!

0
Melepas sepatu di dalam kabin, sebabkan bau dan mengurangi keamanan (The Sun)

Membuka sepatu dalam pesawat bukanlah hal yang baik bagi penerbangan Anda, selain akan menimbulkan bau, kaki pun menjadi tidak higienis. Tak hanya itu, dengan bertelanjang kaki berarti Anda tidak terlindungi bahkan saat terjadi keadaan darurat apalagi jika dalam penerbangan jarak dekat.

Baca juga: Biar Nyaman di Penerbangan Kelas Ekonomi Jarak Jauh, Baca Ini!

Untuk penerbangan jarak jauh, hal ini juga berlaku, tetapi untuk menikmati kenyamanan dan mengurangi bengkak di kaki, melepaskan sepatu adalah hal terbaik dan menggantinya dengan sandal. KabarPenumpang.com melansir dari laman thesun.co.uk (16/1/2018), seorang awak kabin bernama Tony Kuna mengungkapkan selain bau yang menyengat, bertelanjang kaki membuat penumpang tidak terlindungi dengan sempurna.

“Selain menodai seluruh kabin dengan bau, alas kaki sangat penting selama keadaan darurat pesawat terbang. Meskipun ini bukan bagian dari informasi keselamatan penerbangan, ” ujar Kuna. Dia mengatakan, jika kaki tidak tertutup rapat, maka akan sulit untuk keselamatan penumpang.

Jasmine May saat melihat kaki penumpang lain di belakangnya berada di sandaran kursi pesawat (The Sun)

“Bayangkan jika saat keadaan darurat dan kaki Anda tidak mengenakan alas kemudian lari menyusuri lorong dengan pecahan kaca, api hingga pecahan logam? Anda akan seperti John McClane di Die Hard, mungkin akan lebih buruk lagi,” ujarnya.

Kuna menyarankan, agar penumpang membawa sandal hotel ke dalam pesawat. Hal ini supaya jari-jari kaki bisa bernafas dan juga mendapatkan perlindungan.

Tak hanya sebagai pelindung saat keadaan darurat dan mengurangi bau di dalam kabin. Bertelanjang kaki juga menyebabkan malapetaka di dalam pesawat dengan cara lain seperti menyebarkan kuman saat ke toilet.

“Gunakan sepatu Anda saat bangun dari kursi dan menuju toilet pesawat. Saya pernah melihat seorang penumpang saat saya masih bekerja hanya menggunakan kaus kaki saat ke toilet dan meninggalkan jejak kaki basah saat melalui dapur kabin,” ujar Amanda Pleva mantan awak kabin.

Dia menambahkan, saat itu baik dirinya maupun rekan sesama awak kabin menolak untuk keluar dari dapur. Tampaknya kaki bisa menjadi penyebab berbagai macam keluhan saat berada di penerbangan.

Baca juga: Anda Tak Nyaman dengan Penumpang di Kursi Sebelah? Ini Solusinya

Selain yang di rasakan Amanda Pleva, seorang penumpang pesawat merasakan bau kaki dari belakang tempat duduknya. Jasmine May, saat itu berada dalam sebuah penerbangan dan harus berbagi sandaran tangan bukan hanya dengan penumpang lainnya, tetapi dengan kaki penumpang wanita di belakangnya. Kaki tanpa alas itu masuk dari sela bangku dan berada di sandaran tangan Jasmine.

Yakin kaki Anda tak bau dan berani melepas sepatu saat berada di kabin pesawat?

Leave a Reply