Jaringan Kereta Cina Angkut 10 Miliar Penumpang di Kuartal Pertama 2019

Sumber: globaltimes.cn

Sebuah rekor dunia baru saja tercatat dari Negeri Tirai Bambu pada akhir minggu lalu, dimana layanan kereta api berkecepatan tinggi di Cina tercatat telah mengangkut lebih dari 10 miliar penumpang pada akhir kuartal pertama 2019. Ya, pernyataan ini diumumkan langsung oleh pihak perusahaan yang bermarkas di Beijing, China Railway pada Sabtu (11/5/2019) kemarin.

Baca Juga: China Railway Investasikan Dana Fantastis untuk Jalur Kereta Sepanjang 6.800 Km!

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman globaltimes.cn (12/5/2019), pada akhir bulan Maret 2019 kemarin, pihak China Railway mencatat ada 3,34 triliun penumpang-kilometer total volume yang dirilisnya melalui aplikasi WeChat. Seperti yang sudah diketahui bersama, Cina memiliki hampir 30.000 kilometer jalur kereta api berkecepatan tinggi pada tahun 2018 – dua kali lebih panjang ketimbang penggabungan jarigan kereta api di seluruh penjuru dunia.

Catatan tersebut tentu saja membuktikan bahwa jaringan kereta berkecepatan tinggi di Cina sudah semakin populer bagi para pelancong, maupun warga Cina sendiri. Dalam sebuah catatan lain, otoritas perkeretaapian Cina mencatat ada lebih dari dua miliar perjalanan kereta api berkecepatan tinggi pada tahun 2018 – terjadi peningkatan hampir 17 persen dari tahun sebelumnya.

“Tidak hanya dilihat dari jumlah (volume) penumpangnya saja, melainkan juga volume barang, kepadatan lalu lintas, hingga indikator ekonomis di sektor transportasi lainnya secara konsisten dan kompak menempati peringkat pertama di dunia,” ujar pihak China Railway.

Cina diketahui sebagai pemegang rekor jaringan kereta api dengan jarak tempuh pengoperasian terpanjang di dunia sejak tahun 2008 silam – dimana pengoperasian Beijing-Tianjin Intercity Railway lah yang menjadikan titik balik Cina dalam menyandang status prestisius tersebut.

Khusus untuk Kereta peluru Fuxing, yang sudah mulai beroperasi sejak tahun 2017 silam, telah mengangkut hampir 200 juta penumpang dengan muatan penumpang rata-rata 75 persen.

Baca Juga: Mau Bawa atau Beli Makan di Kereta Cina? Simak yang Ini Dulu!

“Itu berarti 1,3 persen lebih tinggi dari kereta berkecepatan tinggi lainnya,” menurut pihak China Railway.

Guna meningkatkan performanya, Cina akan menyaksikan 850 kereta api berkecepatan tinggi Fuxing mulai beroperasi pada akhir tahun ini. Kita tunggu saja!