Friday, December 8, 2023
HomeDestinasiJembatan Kereta 'Spiral' Brusio - Terbuat dari Batu Berusia Lebih dari Satu...

Jembatan Kereta ‘Spiral’ Brusio – Terbuat dari Batu Berusia Lebih dari Satu Abad

Di bangun lebih dari satu abad lalu, jembatan spiral Brusio di Swiss solah menjadi ‘keajaiban’ dalam konstruksi jembatan kereta api. Dirancang sebagai jembatan batu, jembatan spiral ini punya panjang 110 meter dan memungkinkan kereta api naik ke tempat yang lebih tinggi dalam jarak yang relatif pendek.

Baca juga: Rute Ekstrim Kereta Bergerigi di Swiss, Kemiringannya Hingga 48 Persen

Dirangkum dari beberapa literasi, jembatan spiral Brusio merupakan jalur tunggal kereta yang berlokasi di antara Campascio dan Brusio atau berjarak sekitar 55 km dari St. Moritz. Bentuk jembatan yang spiral membuat kereta yang melintas terlihat seolah sedang mengitari jalan layang.

Jembatan spiral ini memiliki total panjang 110 meter dengan radius kelengkungannya secara horisontal mencapai panjang 70 meter. Sedangkan kemiringan longitudinalnya mencapai 7 persen. Brusio memiliki 9 bentangan setiap 10 meter. Dengan desain itu, kereta api yang melintas akan menuruni jembatan dari ketinggian awal 20 meter.

Jembatan Spiral Brusio adalah jembatan batu dari lintasan kereta api tunggal yang melengkung (spiral), terletak di Brusio, Kanton Graub√ľnden, Swiss.

Jembatan spiral Brusio merupakan bagian dari Bernina Railway. Dari sejarahnya, jembatan batu ini dibuka pada 1 Juli 1908, setelah pembukaan sektor Tirano-Poschiavo dari Bernina Railway. Pada tahun 1943, seluruh perusahaan kereta api diambil alih oleh Rhaetian Railway, yang masih memiliki dan menggunakan jembatan spiral ini hingga kini.

Baca juga: Rhaetian Railway Pecahkan Rekor Rangkaian Kereta Penumpang Terpanjang di Dunia, 1,9 Km

Selain menunjang transportasi warga, keberadaan jembatan spiral Brusio tak pelak menjadi primadona pariwisata kereta di Swiss. Sejak tahun 2008, jembatan spiral Brusio telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru