Friday, December 8, 2023
HomeHot NewsRhaetian Railway Pecahkan Rekor Rangkaian Kereta Penumpang Terpanjang di Dunia, 1,9 Km

Rhaetian Railway Pecahkan Rekor Rangkaian Kereta Penumpang Terpanjang di Dunia, 1,9 Km

Dengan latar Pegunungan Alpen yang indah, Operator kereta Rhaetian Railway (RhB) di Berguen, Swiss pada hari Sabtu kemarin telah memecahkan rekor dunia untuk rangkaian kereta penumpang terpanjang di dunia. Disebut sebagai rangkaian kereta terpanjang, lantaran Rhaetian Railway berhasl menjalankan kereta sepanjang 1,9 km yang terdiri dari 100 gerbong.

Baca juga: KA Kertajaya, Ternyata Kereta Terpanjang dengan 16 Rangkaian Gerbong

Kereta tersebut melaju di sepanjang rute Albula/Bernina dari Preda ke Berguen. Penggemar kereta api dari penjuru dunia telah berjejer di lembah untuk menyaksikan 25 bagian kereta yang melaju sekitar 25 km melalui Pegunungan Alpen.

Meskipun ada kereta barang yang lebih panjang, dengan beberapa mencapai lebih dari 3 km, acara hari Sabtu ini merupakan kereta penumpang terpanjang yang pernah berjalan.
Itu beberapa ratus meter lebih panjang dari kereta yang memegang rekor tidak resmi sebelumnya, di Belgia pada 1990-an.

(Photo: EPA-EFE / Yanik Buerkli Tilt Shift Linse)

Pada acara pemecahan rekor tersebut, RhB turut membawa 150 penumpang. Kereta melaju dengan melewati 22 terowongan heliks dan melintasi 48 jembatan di sepanjang jalan, termasuk Landwasser Viaduct yang megah, menjulang 65 meter di atas jurang di bawahnya.

Media Swiss menyiarkan rekaman udara yang menunjukkan kereta di beberapa tingkat secara bersamaan, dengan moncongnya keluar dari satu terowongan saat gerbong lebih jauh ke belakang meluncur melalui yang lain.

Baca juga: Punya Jalur Lurus Terpanjang di Dunia, Kereta Indian Pacific Melintas dari Ujung Barat ke Ujung Timur Australia

Selain 150 penumpang, ada di rangkaian kereta termasuk 7 masinis, 21 teknisi, yang memastikan ke-25 kereta penumpang itu dapat melaju dengan sempurna. “Ke-25 kereta melakukan hal yang sama, mempercepat dan memperlambat pada saat yang sama, dan semuanya dipandu oleh masinis pertama,” ujar juru bicara Rhaetian Railway, seperti dikutip dari South China Morning Post (30/10/2022).

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru