Punya Jalur Lurus Terpanjang di Dunia, Kereta Indian Pacific Melintas dari Ujung Barat ke Ujung Timur Australia

0
Indian Pacific melintasi ujung barat ke ujung timur Australia (sbs.com.au)

Negara Benua Australia memiliki kereta yang menempuh jarak dari barat menuju ke timur melalui jantung benua yakni menghubungkan kota Perth dan Sydney sejauh 4.352 km. Kereta ini adalah Indian Pacific yang merupakan kereta api epik dalam setiap arti kata.

Baca juga: Australia Pamer Desain Interior Final Kereta Vlocity

Dirangkum KabarPenumpang.com dari sbs.com.au (15/7/2021), kereta ini mulai beroperasi tahun 1917 silam dan dirayakan sebagai salah satu prestasi rekayasi paling signifikan di negara tersebut. Sebab melintasi lanskap luas dan indah dari tepi satu samudera ke samudera lainnya.

Namun meski begitu pengangkutan penumpang tidak secara resmi dimulai sampai tahun 1970. Padahal kereta api telah menjadi pembawa cerita dan garis waktu yang nyata dari sejarah kompleks Australia jauh sebelumnya, dan ini adalah bagian dari warisannya yang dibawa ke garis depan di Indian Pacific yang merupakan Perjalanan Kereta Terpanjang di Australia.

Kereta ini difilmkan oleh Sutradara Adam Kay yang membawa pengalamannya yang tidak tertandingi ke proyek tersebut. Film dokumenter kereta ini terbagi menjadi empat yang mana masing-masing membahas geografi dan sejarah jalur kereta api, dampaknya terhadap kehidupan Pribumi, kehidupan imigran, kehidupan Australia awal dan modern, serta flora dan fauna di daerah tersebut, dengan perlintasan kereta api di tiga negara bagian dengan lebih dari selusin perbatasan adat.

Dalam film dokumenter, Indian Pacific menjadi karakter pahlawan yang digunakan untuk membongkar kisah orang-orang dan tempat-tempat yang memainkan peran penting dalam pembangunan jalur lintas benua ini, dan komunitas yang hidupnya berubah selamanya sebagai akibat dari pembangunannya. Adam dengan tim kecilnya yang termasuk produser dan penulis terkenal Dan Goldenberg serta Billy Baxter.

Selain itu juga ada fotografer Nathan Barlow yang membantu Adam dalam usaha baru yang sangat menantang tersebut ke detail yang sama sekali baru. Keindahan dokumenter tidak diragukan lagi terletak pada kemampuannya untuk mencakup setiap aspek Pasifik India dan perjalanan kereta api selama enam puluh lima jam, dari saat keberangkatannya dari negara Noongar di pusat Perth.

Mungkin bila dilihat sekarang, sulit untuk percaya bahwa Australia Barat pernah menjadi koloni bebas yang gagal dan penyelesaian hukuman berikutnya sampai rute itu diperkenalkan. Karena sebagian besar terputus dari bagian lain negara tersebut. Saat kereta meninggalkan stasiun menuju Kalgoorlie, ia melewati tiga puluh dua pemukiman yang membentuk 600 km dari Sabuk Gandum Tengah Australia Barat, dan menavigasi medan Whadjuk, Ballardong, Kaalamaya dan Wangkatha Country, mengungkap keberadaan abadi dari budaya kuno di sepanjang jalan.

Kereta terus melintasi pedalaman Australia Barat hingga tepi Dataran Nullabor dan memulai jalur sepanjang 477,14 km. Ini adalah visual menakjubkan dan mendalan di seluruh film dokumenter yang menempatkan Indian Pacific di dalam lanskap yang luas dengan pemandangan spektakuler dalam perjalanan tersebut.

Yang mana ini adalah jalur kereta api lurus terpanjang di dunia. Setiap matahari terbenam dan terbit, ada petualangan baru. Bahkan saat fajar menyingsing sekali lagi, Indian Pacific melewati Negara Wiradjuri di barat Tengah NSW dan berlanjut melalui area rute yang merupakan jalur perdagangan utama.

Baca juga: Australia Punya Jalur Lurus Kereta Api Terpanjang di Dunia

Untuk diketahui, Indian Pacific adalah portal ke masa lalu yang sering dilupakan, karena lokomotif terus mengangkut tiga puluh gerbong melintasi benua setiap minggu, menjadikan ini perjalanan yang pasti tidak ingin Anda lewatkan.






















LEAVE A REPLY