Australia Pamer Desain Interior Final Kereta Vlocity

0
Pemerintah Victoria, Australia telah meluncurkan desain final untuk kereta VLocity baru yang akan melayani jalur Timur Laut Negeri Kanguru. Foto: wangarattachronicle.com.au

Pemerintah Negara Bagian Victoria, Australia telah meluncurkan desain final untuk kereta VLocity baru yang akan melayani jalur Timur Laut Negeri Kanguru. Departemen Transportasi dan V/Line Australia mengatakan ke para stakeholders bahwa masyarakat lebih menyukai desain interior kereta api modern dan nyaman namun tetap memperhatikan aksesibilitas para penumpang dengan lebih baik dan mendetail, sesuai kebutuhan.

Baca juga: Meski Diidamkan, Hadirnya Kereta Cepat di Australia Belum Dipandang Ideal

Desain kereta memiliki tempat duduk yang nyaman untuk perjalanan jarak jauh, USB chargers, enam rak bagasi, dan penyimpanan bagasi overhead, layaknya di pesawat. Selain itu, kereta Vlocity Australia ini juga menawarkan fasilitas katering modern dan space untuk kursi roda plus kursi pendampingnya yang diposisikan dekat dengan space kursi roda.

Kereta Vlocity di negara bagian terkecil di Australia ini akan menjadi yang pertama dari jenis atau desain baru ini yang beroperasi di jalur pengukur standar di jaringan regional Victoria. Nantinya, kereta-kereta ini akan melayani rute dari Melbourne ke Albury/Wodonga setelah proses perbaikan dan pengembangan Jalur Timur Laut selesai, dengan nilai investasi senilai A$235 miliar atau Rp 2,2 triliun (kurs Rp 9,676).

Dengan peningkatan jaringan atau relasi Jalur Timur Laut ini diharapkan akan meningkatkan kenyamanan dan kemanan penumpang dengan menekan frekuensi dan kemungkinan delay saat relasi di jaringan tersebut tengah sibuk. Kereta VLocity akan diproduksi oleh Bombardier di fasilitas Dandenong, wilayah Tenggara Melbourne, Victoria, yang akan memberikan sekitar 500 lapangan pekerjaan.

Menteri Transportasi Umum, Melissa Horne mengungkapkan, “Kereta baru ini akan menjadi VLocity pertama yang meluncur di jalur pengukur standar di jaringan regional Victoria dan akan melayani penumpang di Jalur Timur Laut dengan menawarkan perjalanan kereta yang lebih nyaman dan andal”.

“Kami akan membuat kereta baru ini di Dandenong sekaligus meningkatkan perekenomian lokal dan membuka ratusan lapangan pekerjaan bagi penduduk lokal dalam proyek ini,” tambahnya.

Senada dengan Melissa Horne, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Victoria Utara, Jaclyn Symes mengatakan bahwa proyek pengembangan Jalur Timur Laut dan akan menjadi berdampak signifikan bagi Victoria karena akan meningkatkan interaksi antar wilayah tersebut.

Baca juga: Sydney Hadirkan Kereta Double Deck Terbaru dari Korea Selatan, Mengular di 2020

“Kami bekerja keras untuk memberikan investasi penting ini yang akan meningkatkan perjalanan bagi semua orang yang hendak bepergian dengan kereta regional kami ke Timur Laut negara bagian kami,” katanya, sebagaimana dikutip dari railway-technology.com.

“Feedback dari organisasi atau komunitas kereta lokal Victoria, pemerhati kebijaka publik atau aksesibilitas penumpang, pemerintah lokal, dan perwakilan dinas pariwisata setempat telah menyambut baik proyek ini, dan penting bagi proses pemilihan desain final ini. Saya sangat berterima kasih kepada semua orang yang berkontribusi,” tutupnya.

Leave a Reply