“Jemput Bola,” Google Edukasi Warga Sheffield Dengan Bus Pintar

0
Sumber: amazonaws.com

Kini, masyarakat Sheffield di Inggris bisa belajar mengenai keterampilan digital secara cuma-cuma. Ini merupakan sebagian dari skema pelatihan dari Google yang ditawarkan melalui media bus yang nantinya akan mengunjungi beberapa titik di seluruh kota. Bus unik ini diluncurkan pada 3 Agustus kemarin di Sheffield dalam kemitraannya dengan Google sebagai bagian dari inisiatif Digital Garage-nya. Digital Garage adalah program nasional nirlaba dari Google yang memberikan pelatihan keterampilan digital gratis melalui platform pembelajaran online.

Baca Juga: Kolaborasi Google dan Levi’s Buahkan Jaket Pintar, Apa Saja Kelebihannya?

Seperti yang diwartakan KabarPenumpang.com dari thestar.co.uk (6/8/2017), bus Google Digital Garage akan menawarkan lokakarya gratis dan pembinaan tatap muka. Para pengunjung yang berniat datang ke sini bisa menjangkaunya dengan dua cara, yaitu melakukan pemesanan di muka dan datang langsung ke lokasi bus berada. Adapun tujuan dari pengadaan inisiatif ini adalah untuk membantu ribuan orang di dan sekitar Sheffield untuk belajar mengenai keterampilan di jaman yang sudah serba modern seperti sekarang ini.

Untuk tingkatannya sendiri bisa dibilang beragam, mulai dari tingkat pemula hingga menengah, itu berarti semua orang bisa mengikuti pelatihan ini. Pelatihan tersebut mencakup pembuatan CV hingga strategi media sosial. Wakil pimpinan Dewan Kota Sheffield, Olivia Blake menyatakan kegembiraannya terhadap kerja sama yang dijalin dengan Google dalam prakarsa Digital Garage.

“Ini dibuka pada bulan April kemarin di Bakers Pool,” ungkapnya. “Namun, pada awalnya kami sadar bahwa tidak semua orang bisa masuk ke pusat kota untuk mengakses pelatihan ini. Maka dari itu, kami bekerja sama engan Google untuk mengembangkan fasilitas pembelajaran ini dalam bentuk mobile-bus, dimana bus ini akan terus berpindah selama beberapa bulan ke depan,” terang Olivia.

Olivia mengungkapkan layanan seperti ini merupakan yang pertama di seluruh dunia. “Ini juga merupakan kabar gembira lainnya untuk Sheffield,” katanya kegirangan. Sesi pertama berlangsung di U-Mix centre di Lowfield, dan seminggu berselang bus tersebut akan pindah ke Crystal Peaks. Sebuah penelitian menyebutka bahwa sembilan dari sepuluh masyarakat di Inggris merasa khawatir terhadap keamanan dan pengamanan online mereka. Dengan kehadiran bus Google Digital Garage, para pengunjung juga dapat menghadiri sesi pelatihan mengenai cara untuk melindungi diri mereka secara online.

Baca Juga: Google Pasang WiFi di Bus Sekolah Untuk Kemudahan Siswa di Pedesaan

Maksudnya adalah, agar orang-orang yang merasa khawatir tersebut bisa belajar mengenai bagaimana cara mengenali dan menghindari penipuan serta ancaman dari dunia maya yang belakangan ini menjadi topic hangat perbincangan di beberapa daerah. Sementara itu, Alina Dimofte selaku Digital Skills Policy Lead di Google menyatakan bahwa kehadiran bus ini merupakan bentuk tindak lanjut dari kesuksesan mereka dalam program Digital Garage sebelumnya di Sheffield dan Birmingham. “Kami ingin memberikan pelayanan lebih kepada para pengunjung agar program kami ini semakin mudah diakses, jadi kami menggunakan media bus untuk menjalankan strategi menjemput bola,” terang Alina.

Dalam waktu dekat, lebih dari 90 persen pekerjaan akan membutuhkan keaksaraan digital, jadi workshop seperti membuat CV digital akan sangat berguna bagi para pencari kerja. Sementara itu, sesi strategi media sosial akan menawarkan keterampilan penting bagi mereka yang menjalankan bisnis kecil.

Baca Juga: Waymo Pastikan Penumpang Mobil Otonom Aman Dengan Teknologi Ini

Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh IPPR North menemukan bahwa lebih dari 88 persen peserta Digital Garage sebelumnya telah mengubah cara mereka menjalankan atau mempromosikan bisnis online mereka, dengan 68 persen mengatakan bahwa mereka telah melihat hasil positif dalam peningkatan penjualan hingga pemesanan setelah mengikuti pelatihan gratis dari Google ini.

Leave a Reply