JetBlue Upgrade Desain Kabin Airbus A320, Tapi Penumpang Justru Merana

0
Sumber: TripAdvisor

JetBlue, maskapai penerbangan berbiaya rendah di Amerika Serikat tak berbeda dengan maskapai LCC (Low Cost Carrier) pada umumnya, yakni mengandalkan pesawat narrow body Airbus A320 sebagai andalan armadanya. Berbeda dengan prinsip di penerbangan full service, tipe maskapai LCC jelas lebih menekankan pada kemampuan membawa sebanyak mungkin penumpang, yang semuanya disatukan dalam kelas ekonomi.

Baca juga: Dilema Seat Pitch, Maskapai Tambah Untung Penumpang Merana

Dengan prinsip membawa penumpang sebanyak mungkin, maka otomatis akan mengorbankan seat pitch, yakni jarak antar kursi akan lebih sempit, yang tak jarang membuat penumpang untuk rute jarak sedang – jauh mengalami ‘penderitaan’ di udara.

KabarPenumpang.com melansir dari skift.com (29/9/2017), adanya desain ulang pada Airbus A320 milik JetBlue memang membuat kejutan baru tetapi memuat penumpang merintih. Penambahan dan perombakan yang dilakukan pihak JetBlue adalah memasang layar sentuh ukuran 10 inchi dengan 100 saluran televisi langsung dan tautan sistem WiFi, semua ditujukan untuk menambah pelayanan di kabin.

Namun, perubahan desain tak hanya pada penambahan layanan, nyatanya Airbus A320 JetBlue juga ditambahkan selusin kursi lagi yang akan berada di antara 150 kursi yang sudah ada. Kedepan, JetBlue ingin tampil lebih gaya dengan desain ulang yang bertujuan menciptakan persepsi kabin yang lebih luas dan lapang.

Upaya ini sebelumnya terlihat pada desain pesawat baru seperti jet C Series Bombardier dan tampilan modern dari pesawat jarak jauh yang lebih besar dari Airbus dan Boeing. JetBlue mengatakan bahwa proyek upgrade A320 memakan waktu sekitar tiga tahun untuk menyelesaikan dan diharapkan menghasilkan kentungan finansila US$100 juta karena adanya jumlah kursi yang lebih banyak.

Penambahan 12 kursi baru pada Airbus A320 otomatis akan mengurangi ruang di kabin utama sekitar 2 hingga 32 inchi. Nantinya jumlah kursi di Airbus A320 JetBlue menjadi 162 dengan dua kamar mandi dan dapur baru di kabin.

Penambahan dan pendesainan ulang pesawat JetBlue diberitahukan pada konferensi APEX Expo di Long Beach, California. Selain JetBlue, Airbus juga meluncurkan kabir Airspace di pesawat A350 dan A330neo sebelum mengganti desain ke pesawat single lorong.

Baca juga: Singapore Airlines Pamerkan Desain Interior Mewah di Airbus A380 Terbaru

“Konsep kabin ini didapat hampir setelah 18 bulan penelitian di bandara seluruh dunia, dimana untuk melihat apa yang bawa benar-benar di bawa penumpang ke dalam kabin,” kata Ingo Wuggetzer, wakil presiden pemasaran kabin Airbus.

Tak hanya itu, pembenahan ini juga menemukan tiga area utama yang perlu diperbaiki. Mencakup perubahan kompartemen atas kabin yang sering tidak cukup untuk baang-barang penumpang. Kemudian pintu masuk kabin yang diperbaharui lebih baik lagi sesuai keinginan maskapai. Wuggetzer mengatakan, lampu kabin akan memainkan peran, dimana sistem pencahayaan LED menawarkan 16 juta warna yang mendukung suasan hati para penumpang.

Leave a Reply