JR East Uji Coba Layanan “Gerbong Kantor” di Kereta Cepat Shinkansen

0
Gerbong kantor di kereta peluru shinkansen dihadirkan JR East.

Dampak pandemi telah mempengaruhi cara kerja banyak orang, di Jepang misalnya, coworking space kembali jadi rujukan setelah tren Covid mulai melandai, dan salah satu yang unik dilakoni perusahaan kereta JR East, yang melakukan uji coba layanan ‘gerbong kantor” pada kereta cepat Shinkansen.

Baca juga: Moha 510, Kereta Retro di Stasiun Miyazaki yang Berubah Jadi Coworking Space

East Japan Railway Company memenuhi permintaan gaya kerja baru dengan meluncurkan gerbong kantor untuk jalur kereta peluru shinkansen tertentu yang menghubungkan Tokyo dengan wilayah utara dan tengah Negeri Sakura tersebut. KabarPenumpang.com melansir japantimes.co.jp (22/11/2021), mereka menghadirkan gerbong kantor tanpa adanya biaya tambahan dan hanya beroperasi saat hari kerja.

Gerbong kantor ini ada di rangkaian nomor delapan di jalur Tohoku, Joetsu dan Hokuriku. Di dalam kereta pun, penumpang bisa berbicara di telepon dan berpartisipasi dalam rapat online di tempat duduk mereka.

“Kami ingin mendukung cara kerja baru yang tidak terikat waktu dan tempat,” kata seorang pejabat di JR East.

Pejabat itu mengatakan, gerbong kantor dengan gaya kerja baru akan memulai layanan setelah uji coba dinyatakan sukses. Media lokal diberikan akses di dalam kereta peluru Hokuriku yang sedang berjalan pada hari Senin, di mana sebuah stiker bertuliskan “gerbong kantor” telah ditempatkan di pintu mobil No. 8 dan penumpang yang menjelaskan layanan tersebut ditempatkan di kursi.

Seorang anggota staf JR East mendemonstrasikan bagaimana dia bekerja dari jarak jauh, menggunakan headphone peredam bising. Penumpang juga dapat meminjam “kacamata pintar” yang memproyeksikan isi layar laptop mereka ke dalam lensa khusus yang dikenakan di wajah. Di kereta peluru di jalur Tohoku, penumpang juga dapat menggunakan pembatas kecil untuk meletakkan kursi dan meja mereka secara gratis.

Tindakan serupa sedang dipertimbangkan untuk jalur Hokuriku dan Joetsu. JR East berharap layanan baru ini akan membantu mendorong perjalanan “kerja” di mana orang menggabungkan pekerjaan online dengan perjalanan sambil juga merangsang permintaan untuk perjalanan bisnis, dimana kesemuanya menurun drastis selama pandemi.

Untuk menjaga kenyamanan, ruang kerja tidak akan tersedia pada akhir pekan, hari libur nasional dan selama periode liburan Tahun Baru. Saat ini, tampilan dan desain gerbong kantor dan kursi tidak akan berubah, tetapi JR East mengatakan bahwa mereka akan mempertimbangkan untuk merombaknya di masa mendatang.

Baca juga: JR East Hadirkan Kompartemen ‘Kantor’ pada Kereta Cepat Shinkansen Tohoku

Central Japan Railway Company dan West Japan Railway Company juga telah menguji coba pengenalan ruang kerja di dalam kereta sejak Oktober di kereta superexpress Nozomi di jalur Sanyo Shinkansen dan Tokaido Shinkansen yang melintasi kota-kota besar Jepang seperti Tokyo, Nagoya, Osaka dan Fukuoka.