JR East Hadirkan Kompartemen ‘Kantor’ pada Kereta Cepat Shinkansen Tohoku

0
Ruang kantor dalam mobil kereta shinkansen TOhoku (japantimes.co.jp)

Ketika perusahaan mengurangi pekerja yang masuk ke kantor, maka bekerja di mana saja sepertinya menjadi hal baru pada masa pandemi saat ini. Bahkan ada tempat wisata, hotel maupun villa yang diubah menjadi workcation demi memenuhi kebutuhan para pekerja yang mengerjakan pekerjaan mereka di luar kantor.

Baca juga: “Workcation,” Pilihan Para Pekerja di Jepang Selama Pandemi

Baru-baru ini bahkan East Japan Railway Company (JR East) ikut andil membuat ruang kantor untuk penumpang mereka. JR East memulai uji coba pada kereta peluru shinkansen tertentu yang diubah menjadi ruang kantor penumpang karena minat dalam pekerjaan jarak jauh tumbuh di Jepang pada Senin (1/2/2021).

Dengan kehadiran ruang kantor ini, penumpang dapat pindah ke gerbong yang sudah ditentukan dan tanpa dikenai biaya tambahan di beberapa kereta shinkansen Tohoku antara Tokyo dan kota-kota utara. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman japantimes.co.jp (1/2/2021), JR East mengatakan, penumpang akan diizinkan untuk berbicara melalui telepon mereka yang tidak dianjurkan di sepanjang perjalanan kereta dan mengadakan rapat secara online.

“Saya pikir ini adalah inisiatif yang baik karena saya berhati-hati agar tidak membuat suara saat menekan keyboard di gerbong biasa,” kata Shinya Ogata, seorang eksekutif perusahaan berusia 43 tahun yang melakukan perjalanan ke Prefektur Iwate, di dalam mobil khusus tersebut.

JR East berencana untuk mempelajari permintaan dan peralatan apa yang diperlukan selama uji coba, mengamati lingkungan komunikasi yang sebanding dengan di tempat kerja. JR East menambahkan, rangkaian kereta itu memiliki sistem penyamaran suara untuk memastikan privasi, dan peralatan telekomunikasi seperti router jarak jauh akan tersedia. Untuk mencegah penyebaran virus corona baru, diperlukan pemakaian masker dan akan menyediakan tisu beralkohol.

Baca juga: Flying Cloud 30FB Gantikan Trailer Jadi Tempat Kerja Baru Selama Pandemi

Di kereta peluru yang berangkat dari Stasiun Tokyo pada Senin pagi, sebuah pengumuman menyerukan partisipasi dalam uji coba dan beberapa penumpang pindah ke gerbong yang ditunjuk dengan membawa laptop mereka dan mulai bekerja.

Leave a Reply