KA Ekonomi Premium “Wijayakusuma,” Dilengkapi Gerbong Untuk Difabel

Ada yang special di HUT PT KAI (Kereta Api Indonesia) ke-72 pada 28 September lalu, secara khusus BUMN Transportasi ini telah merilis layanan KA baru yang diberi nama “Wijayakusuma” atau populer disebut Wius dan Wikus Premium. Kereta ini merupakan kereta api ekspress kelas eknonomi AC Premium relasi Cilacap – Yogyakarta dan Cilacap – Solo Balapan.

Baca juga: “Kelas Ekonomi Rasa Eksekutif,” PT KAI Siap Luncurkan 66 Gerbong Ekonomi Premium

Rangkaian kereta ini mulai beroperasi pada 26 September 2017 yang disertai pembukaan Stasiun Cilacap. KabarPenumpang.com merangkum dari beberapa sumber, kereta ini memanfaatkan kereta ekonomi premium yang sebelumnya dioperasikan di kereta Argo Parahyangan tambahan premium (Gambir – Bandung PP) di trainset pertama.

Kereta Wikus ini sendiri berhenti dibeberapa stasiun yakni Cilacap, Maos, Kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo, Wates, Yogyakarta, Lempuyangan, Klaten, Purwosari dan Solo Balapan. Untuk tiketnya sendiri selama promosi dari Cilacap menuju Kroya Rp20 ribu, Cilacap menuju Yogyakarta Rp50 ribu dan Cilacap menuju tujuan akhir di Solo Balapan Rp70 ribu.

“Kereta ini diharapkan akan makin memudahkan masyarakat untuk bepergian ke kota-kota tersebut. Ini bentuk apresiasi dari kami kepada pelanggan,” kata Executive Vice President PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Yusren di sela peluncuran Kereta Wijayakusuma yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman antaranews.com (26/9/2017).

Kereta ini memanfaatkan rangkaian 10 gerbong ekonomi premium plus satu gerbong pembangkit dengan kapasitas 768 tempat duduk, dimana dua gerbong untuk penyandang disabilitas dengan kapasitas masing-masing 64 orang. Satu kereta makan dan pembangkit serta delapan kereta ekonomi premium dengan kapasitas 80 orang, kereta ini diketahui buatan PT INKA.

Baca juga: Bon Bon, Mengenal Legenda Lokomotif Listrik Indonesia

KA Wijayakusuma berangkat dari Cilacap pukul 05.00 WB dan sampai di Yogyakarta pukul 08.20 WIB dan kembali berangkat dari Tugu pukul 09.30 WIB, tiba di Cilacap pukul 13.30 WIB. Kemudian pada pukul 14.10 WIB, kereta ini akan diberangkatkan menuju Solo Balapan dan akan tiba pukul 19.13 WIB dan kembali berangkat menuju Cilacap pukul 19.45 WIB dengan perkiraan tiba pukul 01.00 WIB.

Untuk pemesanan tiket KA Premium Wikus ini sama dengan kereta lainnya yang bisa dibeli 90 hari sebelum keberangkatan. Nama Wijayakusuma sendiri berasal dari nama bunga dengan nama sama, pemilihan nama ini dikarenakan bunga ini tumbuh di daerah Cilacap. Sebelumnya kereta ini sempat diisukan akan diberi Nusakambangan Ekspres yang merupakan salah satu pulau di Cilacap.