KA Galunggung Rute Kiaracondong-Tasikmalaya Mulai Beroperasi

(kompas.com)

Hari ini, kereta relasi baru dari Kiaracondong, Bandung menuju ke Tasikmalaya mulai diluncurkan ke rel oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI). Kereta Galunggung ini akan menempuh ruter tersebut PP dan akan melayani penumpang dengan tiket gratis selama satu bulan.

Baca juga: PT KAI Gandeng Perum Damri, Mudahkan Perjalanan dari Palembang ke Stasiun Gambir

Dikutip KabarPenumpang.com dari laman Istagram @kai121_, tiket gratis ini akan berlaku dari 26 Desember 2018 hingga 25 Januari 2019 mendatang dan pemesanannya bisa langsung ke loket yang di singgahi KA Galunggung mulai H-7 keberangkatan. Tiket gratis ini hanya bisa dibeli maksimal empat tiket oleh satu orang.

Meski gratis, penumpang tetap harus menunjukkkan identitas diri saat pembelian tiket dan sebelum perjalanan. Kereta ini sendiri dalam satu rangkaian akan memiliki enam gerbong dengan kapasitas 636 kursi. Manajer Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) II Bandung, Jhoni Martinus mengatakan, penamaan kereta relasi baru ini dengan KA Galunggung karena diambil dari gunung berapi yang berada di Kabupaten Tasikmalaya.

Jadwal KA Galunggung (K@kai121_)

Jhoni menambahkan, KA Galunggung akan berangkat setiap hari dari Stasiun Kiaracondong pukul 06.05 WIB dan tiba di Tasikmalaya pukul 09.25 WIB. Sedangkan dari Tasikmalaya pukul 10.35 dan tiba di Kiaracondong pukul 14.11.

Kereta Galunggung akan berhenti di delapan stasiun dari arah Bandung dan tujuh stasiun dari arah Tasikmalaya. Delapan stasiun itu adalah Stasiun Cimekar, Rancaekek, Cicalengka, Nagreg, Leles, Cibatu, Cipeundeuy, Ciawi. Sedangkan dari Tasikmalaya ke Bandung yakni Stasiun Rajapolah, Ciawi, Cipeundeuy, Cibatu, Leles, Cicalengka dan Rancaekek.

“Selama masa uji coba dari tanggal 26 Desember 2018 hingga 25 Januari 2019 gratis, tiketnya nol rupiah,” tambah Jhoni.

Nantinya setelah masa uji coba dengan tarif nol rupiah, tarif yang akan diberikan oleh PT KAI sendiri berkisar di harga Rp25 ribu hingga Rp90 ribu. KA Galunggung sendiri hanya memiliki kelas ekonomi dalam perjalanannya.

Baca juga: PT KAI Akan Gandeng GoJek, Bayar KA Lokal Bisa Pakai Go-Pay?

Dikarenakan masih dalam tahap uji coba, tiket KA Galunggung juga hanya bisa dipesan melalui loket dan saat ini belum bisa dibeli melalui aplikasi KAI Access. Untuk diketahui, KA Galunggung sendiri saat ini menggunakan rangkaian KA Kahuripan.