KA Pangandaran Beroperasi, Kini Jakarta-Banjar Jadi Lebih Mudah

(Youtube)

Kereta Api Pangandaran hari ini (2/1/2019) diluncurkan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan relasi Jakarta menuju Banjar (PP). Kereta dengan relasi ini akan terdiri dari empat gerbong eksekutif dan empat gerobong kereta ekonomi premium dengan total kapasitas 520 kursi. Nama KA Pangandaran sendiri diambil dari nama daerah salah satu potensi wisata yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Banjar yakni Pangandaran.

Baca juga: PT KAI Gandeng Perum Damri, Mudahkan Perjalanan dari Palembang ke Stasiun Gambir

Kabupaten Pangandaran sendiri memiliki beberapa objek wisata yakni Pantai Pangandaran, Pantai Batu Karas, Green Canyon dan lainnya. Hadirnya KA Pangandaran ini PT KAI memberikan tarif promo dari keberangkatan tanggal 2 Januari hingga 1 Februari 2019 untuk kelas eksekutif Rp160 ribu dan Rp110 ribu untuk kelas ekonomi premium.

Sedangkan untuk Bandung-Banjar PP, baik kelas eksekutif Rp1000 dan ekonomi premium hanya dikenakan Rp500. Untuk mendapatkan tiket ini, bisa melalui loket, KAI Access dan web KAI, channel lainnya dan vending machine ticketing di stasiun. KA Pangandaran akan berangkat dari Gambir pukul 07.50 pagi dan tiba pukul 15.56, sedangkan dari Banjar berangkat pukul 13.55 dan tiba di Gambir 22.35.

Namun sayangnya, pemebelian melalui KAI Access saat ini belum bisa dilakukan. Melalui akun Instagram @kai121_ juga banyak pengguna yang tidak bisa membelinya. Beberapa mengatakan, pada tangga 2 Januari 2019 di pagi hari masih bisa membuka di KAI Access dan membeli namun beberapa jam setelahnya tidak lagi bisa membeli melalui aplikasi KAI Access tersebut.

Padahal, yang dikutip KabarPenumpang.com melalui siaran pers (2/1/2019), pemesanan tiket KA Pangandaran bisa dilakukan mulai H-30 keberangkatan di aplikasi KAI Access, web KAI, Loket Stasiun, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya. Tiket Promo KA Pangandaran ini tidak dapat dibatalkan atau diubah jadwal, digabungkan dengan reduksi/promo lainnya, dan hanya dilayani jika tempat duduk masih tersedia.

Tarif tiket Bandung-Banjar (www.kai.id)

Selama masa promo, KAI juga memberikan layanan Angkutan Lanjutan secara gratis bagi penumpang KA Pangandaran yang melakukan pemesanan dengan relasi Gambir-Garut PP. Keberadaan Angkutan Lanjutan ini bertujuan untuk mempermudah penumpang KA Pangandaran yang dari dan menuju Garut. Dengan layanan single ticketing, penumpang cukup memesan satu kali kemudian sudah langsung dapat menggunakan KA Pangandaran serta Angkutan Lanjutannya.

Angkutan Lanjutan yang dikelola oleh anak usaha KAI, PT KA Pariwisata ini memiliki titik pemberangkatan atau pemberhentian di Jl. Perintis Kemerdekaan No. 6, Garut. Untuk tanggal 2-4 Januari 2019, PT KA Pariwisata menyediakan satu armada berkapasitas masing-masing 12 tempat duduk, lalu mulai 5 Januari dan seterusnya akan ditambah menjadi 2 armada dengan total 24 tempat duduk. Perjalanan Angkutan Lanjutan Stasiun Cibatu-Garut (pp) menempuh waktu lebih kurang 60 menit.

Baca juga: Lebih dari Rp7 Triliun, Ini Dia Rincian Dana Yang Dibutuhkan PT KAI Guna Reaktivasi Empat Jalur di Jabar

“Dioperasikannya KA Pangandaran ini, merupakan salah satu dukungan KAI terhadap program pariwisata Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia (WI-PI) dalam meningkatkan aksesibilitas masyarakat dari Jakarta, Bandung ke wilayah Garut, Tasikmalaya, Banjar dan Pangandaran sehingga dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata, budaya dan perekonomian di Jawa Barat,” ujar Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro.