KA Wijayakusuma, September Mendatang Punya Rute Baru Cilacap-Banyuwangi

KA Ekonomi Premium Wijayakusuma (www.suaramerdeka.com)

Kereta api Wijayakusuma yang sebelumnya merupakan KA jarak pendek, September 2018 mendatang relasinya akan di perpajang. Hal ini tertuang dalam perka (Peraturan Kepala) yang baru dimana KA kelas premiun itu tak lagi melayani relasi Cilacap-Yogyakarta-Solo tetapi diperpanjang dari Cilacap menuju ke Banyuwangi di Jawa Timur.

Baca juga: KA Ekonomi Premium “Wijayakusuma,” Dilengkapi Gerbong Untuk Difabel

Rencana ini diungkapkan oleh Vice President Passenger Marketing PT KAI Raden Agus Dwinanto. Dia mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk ekspansi market dengan eskalasi pelayanan yang lebih luas sehingga KAI memperpanjang rute KA Wijayakusuma. Bahkan Raden mengatakan, langkah ini diambil juga tak lepas sejak pengoperasiannya pada September 2017 lalu yang tidak banyak peminat.

“Operasional KA Wijayakusuma kan 4 trip per hari, dan dari jumlah tersebut ada beberapa trip yang tingkat isian penumpangnya masih di bawah 50 persen. Kami tidak melikuidasi KA Wijayakusuma sebagai angkutan penghubung Jateng barat bagian selatan ke Yogyakarta dan Solo dan sebaliknya,” ujar Raden.

Meski begitu Raden mengatakan, pihakya akan tetap menggunakan nama Wijayakusuma pada kereta tersebut dan ada kemungkinan digantikan dengan nama lainnya. KabarPenumpang.com merangkum, KA Wijayakusuma sendiri hadir pada HUT PT KAI ke-72 tepatnya 28 September 2017. KA ini merupakan kereta ekspres kelas ekonomi AC Premium.

KA Wijayakusuma sendiri lebih populer dengan mana Wius dan Wikus Premium yang beroperasinya bersamaan dengan pembukaan Stasiun Cilacap. Kereta Wikus ini sendiri berhenti dibeberapa stasiun yakni Cilacap, Maos, Kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo, Wates, Yogyakarta, Lempuyangan, Klaten, Purwosari dan Solo Balapan.

Baca juga: Tentang Kursi di Kereta Ekonomi Premium, Respon Admin Twitter PT KAI Menuai Polemik

Awalnya tiket kereta Wijayakusuma sendiri dari Cilacap-Kroya Rp20 ribu, Cilacap-Yogyakarta Rp50 ribu dan Cilayacap-SoloBalapan Rp70rb. Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, tarif tiket KA Wijayakusuma dengan relasi baru dari Cilacap-Banyuwangi belum ada.

Kereta ini memanfaatkan rangkaian 10 gerbong ekonomi premium plus satu gerbong pembangkit dengan kapasitas 768 tempat duduk, dimana dua gerbong untuk penyandang disabilitas dengan kapasitas masing-masing 64 orang. Satu kereta makan dan pembangkit serta delapan kereta ekonomi premium dengan kapasitas 80 orang, kereta ini diketahui buatan PT INKA.