“Kearifan Lokal,” Kunci Sukses Garuda Indonesia Sabet Gelar Maskapai Bintang Lima

Armada Airbus A330 Milik Garuda Indonesia. Sumber: Istimewa

Dunia penerbangan Tanah Air kembali menuai prestasi, dimana Garuda Indonesia berhasil menyabet predikat sebagai maskapai penerbangan bintang lima versi The Airline Passenger Experience Association (APEX). Penganugerahan tersebut dilakukan pada saat APEX Award Ceremony Expo 2017 yang diadakan di Long Beach, California beberapa waktu lalu.

Baca Juga: 23 Tahun Mengangkasa, Boeing 747-400 Garuda Indonesia Akhiri Masa Tugas

Asosiasi nirlaba untuk peningkatan pengalaman penumpang penerbangan yang bermarkas di New York tersebut memilih Garuda Indonesia sebagai satu dari 22 maskapai global yang diumumkan sebagai Five Star Recipients of the 2018 Official Airline Ratings, yang merupakan program pemeringkatan penerbangan pertama yang didasarkan pada feedback penumpang yang terverifikasi dan tersertifikasi.

Sebagaimana yang dihimpun KabarPenumpang.com dari berbagai sumber, Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala N Mansury mengatakan bahwa penganugerahan predikat tersebut semakin menegaskan posisi Garuda Indonesia sebagai pemimpin penerbangan global dalam hal pengalaman dan kenyamanan penumpang.

“Keberhasilan Garuda meraih predikat sebagai maskapai bintang lima merupakan wujud dari komitmen serta hasil kerja keras seluruh karyawan dalam memberikan layanan terbaik kepada para pengguna jasa,” tukas orang nomor satu di Garuda tersebut dalam sebuah pernyataan. “Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh pengguna jasa sehingga Garuda Indonesia bisa meraih predikat prestisius ini,” imbuhnya.

APEX berkolaborasi dengan TripIt® dari Concur®, sebuah aplikasi pengorganisasian perjalanan dengan rating tertinggi di dunia, untuk mengumpulkan feedback penumpang secara anonim berdasarkan pengalaman perjalanan mereka yang telah diverifikasi. Dengan menggunakan skala lima bintang, lebih dari 500.000 penerbangan dinilai oleh pengguna jasa dari seluruh penjuru dunia. Periode polling tersebut berlangsung sejak 24 Oktober 2016 hingga 31 Juli 2017 kemarin.

Dilansir dari sumber lainnya, adapun lima aspek yang menjadi penilaian dalam penganugerahan gelar ini meliputi kenyamanan kursi, layanan kabin, makanan dan minuman, hiburan, dan WiFi. Untuk masalah layanan kabin sendiri, Garuda Indonesia memiliki beberapa nilai tambahan yang mereka adopsi langsung dari kearifan lokal.

Baca Juga: Demand Melonjak, Garuda Indonesia Tambah Jadwal Penerbangan Denpasar-Melbourne

Sebagaimana yang dikatakan langsung oleh Senior Manager Public Relation Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan kepada KabarPenumpang.com (17/10/2017), pelayanan yang diberikan oleh maskapai plat merah ini tidak lepas dari unsur kearifan lokal yang sangat melekat erat dengan budaya bangsa Indonesia sendiri. “Sebut saja seperti senyum para awak kabin yang ikhlas, selalu menunduk ketika berbicara dengan penumpang (karena di adat Indonesia tidak sopan ketika harus berbicara dengan orang duduk tanpa membungkuk),” ujarnya.

Ditambah lagi, di beberapa jurusan, akan diputarkan lagu daerah khas Indonesia yang akan memberikan kesan tersendiri kepada para penumpangnya. “Ya, kami bekerja sama dengan Adi MS untuk mengaransemen beberapa lagu daerah dengan konsep orkestra. Direkamnya juga di Praha,” terang Ikhsan. Maka tidak heran jika impresi yang coba ditawarkan oleh Garuda Indonesia menentukan predikat yang mereka raih kemarin.