Kecepatan ‘Dilebih-lebihkan’, Ternyata Kecepatan Maglev Cina 600 Km Per Jam

0
Kereta maglev Cina

Terkait dengan propaganda, tak jarang Cina melakukan klaim berlebihan atas suatu produk yang bernilai strategis. Di sektor transportasi, kemampuan Cina dalam memproduksi kereta cepat memang patut diacungi jempol lantaran bisa menandingi teknologi Jepang.

Baca juga: Cina Buat Jalur Uji Coba Kereta Maglev Berkecepatan 1.000 Km Per Jam

Di lini kereta cepat, maka Maglev yang dirilis Cina menjadi sorotan global, pasalnya diklaim dalam sebuah postingan memiliki kecepatan 750 km per jam (573 mph). Dalam postingan itu bahkan mengklaim bahwa kereta tersebut adalah kendaraan darat tercepat di dunia. Namun apakah ini benar?

KabarPenumpang.com melansir factly.in (20/9/2021), faktanya 573 mph kira-kira sama dengan 922 km per jam bukan ‘750 km per jam’ seperti yang tertulis dipostingan itu. Namun, kereta dalam postingan tersebut adalah kereta Maglev yang melaju dengan kecepatan 600 km per jam atau 373 mph.

Pada tahun 2015 lalu, Jepang telah membuat rekor dunia baru ketika kereta Maglev Jepang telah mencapai 603 km per jam di jalur eksperimental di Yamanashi. Belakangan klaim dari Cina dikatakan sebagai sistem transportasi Maglev tercepat di dunia yang diluncurkan dari jalur perakitan. Oleh karena itu klaim yang dibuat dalam postingan tersebut adalah SESAT.

Dalam penelusuran lebih lanjut, gambar kereta Maglev pada postingan ditemukan pada artikel CNN dengan foto yang sama. Artikel tersebut diterbitkan pada 21 Juli 2021 dengan judul, “Cina debut kereta tercepat di dunia.” Kereta ini dikembangkan oleh China Railway Rolling Stock Corporation milik negara yang memulai debutnya di Qingdao, Cina.

Kereta peluru Maglev dapat mencapai kecepatan 600 km per jam (373 mph). “’Maglev’ adalah singkatan dari ‘levitasi magnetik’. Kereta tampaknya ‘mengambang’ berkat gaya elektromagnetik yang membuatnya meluncur di atas rel.”

Menurut Reuters, dengan kecepatan tertinggi 600 km per jam, maka kereta ini akan memakan waktu dua setengah jam untuk pergi dari Beijing ke Shanghai yang berjarak lebih dari 1.000 km. Perjalanan akan memakan waktu tiga jam dengan pesawat dan lima setengah jam dengan kereta api berkecepatan tinggi.

Baca juga: Prototipe Kereta Maglev Cina Melaju dengan Kecepatan 620 Km Per Jam

Sementara pesawat terbang dengan kecepatan rata-rata 800 hingga 900 km er jam, kereta berkecepatan tinggi melesat dengan kecepatan sekitar 350 km per jam di Cina. Singkatnya, kecepatan kereta di foto itu dilebih-lebihkan.