Kembali ke Tanah Air, Flynas Siap Terbangkan (Lagi) Jemaah Haji asal Indonesia

Sumber: istimewa

Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta kedatangan ‘tamu’ baru dari Arab Saudi tertanggal 22 September 2018 kemarin. Rencananya, maskapai berbiaya rendah ini akan menjalankan rute penerbangan reguler. Ya, adalah Flynas Airlines – maskapai asal Arab Saudi ini sudah mulai mengoperasikan rute Jakarta – Madinah – Jeddah pada hari Minggu kemarin dengan menggunakan pesawat Boeing 747-400 dan mengangkut 425 jemaah asal Indonesia.

Baca Juga: Penerbangan Haji 2019 Rampung, Garuda Indonesia Catatkan OTP 89 Persen!

Flynas Airlines akan melakukan penerbangan berjadwal dengan rute yang sama sebanyak 2 kali seminggu – Selasa dan Minggu ke Medinah, sedangkan Sabtu dan Senin dari Jeddah ke Jakarta. Presiden Direktur PT Jasa Angkasa Semesta (JAS airport service), Adji Gunawan menyampaikan bahwa pada tahun 2014 silam, JAS airport service pernah menangani Flynas Airlines yang terbang di langit Indonesia.

“Ini berarti kali kedua bagi JAS dan kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi Flynas,” ujar Adji.

Flynas sendiri merupakan Low Cost Carrier (LCC) yang mulai beroperasi pada Februari 2007 silam. Maskapai yang para September 2019 kemarin tercatat mengoperasikan 32 unit pesawat – 3 unit Airbus A319-100, 26 unit Airbus A320-200, dan 3 unit Airbus A320neo ini bermarkas di Riyadh, Arab Saudi. Anak perusahaan dari National Air Service (dengan kepemilikan saham 63 persen per Oktober 2014) ini mengoperasikan penerbangan menuju 23 destinasi yang tersebar di seluruh dunia – termasuk Indonesia baru-baru ini.

Kendati tergolong sebagai ‘pemain baru’ di jagad aviasi Arab Saudi, namun pencapaian yang sudah dilakukan oleh maskapai ini tidaklah bisa dilihat sebelah mata. Nama Flynas sendiri tercatat sebagai maskapai berbiaya rendah pertama yang melayani rute penerbangan Jeddah menuju London Gatwick pada April 2014.

Baca Juga: Mulai 7 Juli, Garuda Indonesia Siapkan 14 Pesawat untuk Layani Penerbangan Haji

Maksapai yang masih seumur jagung ini juga terbukti serius dalam mengembangkan sayap bisnisnya. Pada tahun 2012, maskapai yang sebelumnya bernama Nas Air ini menjalin perjanjian codeshare dengan Etihad. Tidak cukup dengan raksasa asal Timur Tengah, Flynas juga mengembangkan kerja sama codeshare dengan Pegasus Airlines pada Mei 2016.