Tuesday, April 16, 2024
HomeHot NewsKembangkan Layanan Kereta Cepat, Taiwan High Speed Rail Gandeng Hitachi dan Toshiba

Kembangkan Layanan Kereta Cepat, Taiwan High Speed Rail Gandeng Hitachi dan Toshiba

Guna mengembangkan layanan kereta cepat di Taiwan, maka Taiwan High Speed Rail (THSR) berencana untuk membeli kereta baru dari Jepang. Dewan dan Pimpinan THSR memutuskan pada hari Rabu lalu, yakni untuk membeli kereta api cepat dari aliansi perusahaan Jepang, Hitachi dan Toshiba.

Baca juga: Taiwan Terima Rangkaian Perdana EMU3000, Kereta Listrik Antar Kota Produksi Hitachi

Dikutip dari nhk.or.jp (16/3/2023), kedua belah pihak diharapkan untuk menandatangani kontrak resmi dalam waktu dekat. Taiwan High Speed Rail akan menghabiskan sekitar US$930 juta untuk pesanan 12 kereta cepat yang memiliki total 144 gerbong. Kereta cepat di Taiwan akan dibuat berdasarkan kereta peluru Shinkansen Jepang. Bila kontrak telah berjalan, maka kereta pertama baru akan dioperasikan paling cepat tahun 2027.

Layanan kereta api berkecepatan tinggi Taiwan yang menghubungkan Taipei dan Kaohsiung dibuka pada tahun 2007, dan menghubungkan kota-kota utama di Taiwan, termasuk Taipei, Taoyuan, Hsinchu, Taichung, dan Tainan. Taiwan adalah penggunaan teknologi Shinkansen Jepang pertama di luar negeri. Semua kereta berkecepatan tinggi yang beroperasi di sana dibuat oleh pabrikan Jepang.

Pada bulan Desember, operator Taiwan memberikan hak negosiasi preferensial kepada aliansi Hitachi-Toshiba dalam memperkenalkan kereta api baru untuk meningkatkan kapasitas transportasi.

Sebelumnya, dua putaran pertama penawaran telah berakhir dengan kegagalan karena perbedaan harga. Di babak ketiga, perusahaan Taiwan telah mengindikasikan bahwa mereka tidak akan selalu berpegang pada pengadaan dari Jepang.

Jepang mementingkan proyek tersebut sebagai simbol hubungan persahabatannya dengan Taiwan. Anggota parlemen Jepang membicarakannya saat mengunjungi Taiwan tahun lalu dalam pertemuan dengan Presiden Tsai Ing-wen. Pemerintah mengirim seorang pejabat senior kementerian transportasi ke Taiwan sehubungan dengan proyek tersebut.

THSR menggunakan teknologi Shinkansen dari Jepang dan dapat mencapai kecepatan maksimum 300 kilometer per jam. Ada dua kelas layanan yang tersedia: kelas standar dan kelas bisnis.

Baca juga: Lagu “Visit Taiwan in 2035” dengan Perjalanan Kereta Cepat Beijing-Taipei, Bikin Heboh Netizen Taiwan

Selain THSR, Taiwan juga memiliki sistem kereta api konvensional yang menghubungkan kota-kota di seluruh pulau. Namun, kereta api konvensional ini tidak secepat THSR dan mungkin memakan waktu lebih lama untuk mencapai tujuan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru