Kenali Shuttle Bus Jakarta – Bandung, Beda Perusahan Beda pula Fasilitasnya

Perusahaan shuttle bus Jakarta-Bandung makin menjamur. Ini terlihat setelah Tol Cipularang resmi dibuka untuk umum. Cipularang memudahkan perjalanan dari Jakarta-Bandung ataupun sebaliknya. Tak hanya itu, shuttle bus umumnya memiliki tempat keberangkatan yang strategis sehingga lebih mudah dijangkau oleh pengguna dibandingkan harus ke terminal ataupun stasiun.

Baik di Jakarta ataupun di Bandung, tempat strategis untuk turun tergantung dari jasa shuttle-nya. Menjamurnya shuttle bus ini, merubah kebiasaan masyarakat terutama pengguna kereta api dalam memilih moda transportasi untuk perjalanan Jakarta-Bandung PP. Sebelum adanya shuttle ini, masyarakat hanya terpaku menggunakan bus, kereta api, dan sisanya menggunakan pesawat terbang. Namun, semenjak ada shuttle service ini, masyarakat mulai terpikat atau jatuh hati.

Ini terlihat dari perusahaan layanan travel point to point yang bisa Anda piih. Saat ini ada beberapa travel yang sudah dikenal masyarakat Jakarta yakni Citi Trans, Xtrans, Cipaganti, Daytrans dan lainnya. Berbeda perushaan berbeda pula layanan, kenyamanan dan harga yang diberikan oleh sebuah perusahaan shuttle tersebut.
dscn1174Berbicara kenyamanan dalam perjalanan menggunakan shuttle, setiap orang pasti memiliki penilaian sendiri-sendiri. Mungkin menurut Anda, shuttle A dan B memiliki kenyaman yang berbeda. Hal ini dikarenakan setiap perusahaan menerapkan konsep yang berbeda-beda, kalaupun sama pasti ada keunikannya sendiri.

Biasanya dalam setiap shuttle bus, pengaturan tempat duduk setiap mobil berbeda satu dengan lainnya. Ada kendaraan yang hanya mampu mengangkut penumpang 7 orang penumpang, ada yang 10-12 orag bahkan ada yang berisi 14 orang dan berjejal di dalamnya. Biasanya isi penumpang dalam shuttle juga menjadi faktor harga mempengaruhi.

Dalam hal kenyamanan lainnya yakni pengendara tidak ugal-ugalan, selain untuk kenyamanan, keselamatan penumpang juga harus diperhatikan oleh perusahaan shuttle. Beberapa perusahaan shuttle juga membuat tempat duduknya jenis reclining atau bisa digunakan penumpang untuk rebahan dalam perjalanan yang memakan waktu kurang lebih 3 jam dari Jakarta-Bandung atau sebaliknya.

Tak hanya reclining, ada pula shuttle yang memberi layanan personal audio device dengan sebuah headphone yang dipasang pada bagian samping kursi sehingga penumpang dapat mendengarkan radio atau musik. Tak hanya itu, beberapa perusahaan shuttle juga memeberikan kenyamanan safety belt, lampu baca dan bioskop mini di dalamnya serta ada shuttle yang juga benar-benar mengerti kenyamanan pelanggan dengan memberangkatkan shuttle walaupun 1 orang penumpang.
X-Trans_shuttle_Jakarta_BandungNamun, setiap perusahaan shuttle ini tak hanya memiliki kelebihan, ada pula yang memiliki kekurangan seperti supir ugal-ugalan, tempat duduk yang berjejal atau sempit dan tidak nyaman. Tidak memberikan fasilitas seperti audio device dan reclining pada kursinya.

Setiap perusahaan ini juga memberikan harga khusus untuk setiap shuttle dengan fasilitasnya. Dari Jakarta-Bandung atau sebaliknya harga termurah Rp 35ribu dan termahal bisa Rp 120ribu untuk sekali berangkatnya. Harga ini mempengaruhi kenyamanan yang di dapat di dalam shuttle itu sendiri.

Biasanya mobil-mobil yang digunakan shuttle ini jenis Pregio dan Colt Diesel atau sejenis Elf. Bagi Anda pengguna shuttle bus ini tidak perlu repot lagi, bukannya hanya tempat kebarangkatan yang strategis, jadwal keberangkatan yang banyak dari pukul 04.00 pagi hingga 22.00 malam. Tetapi ada beberapa shuttle yang memberangkatkan penumpang setiap setengah jam sekali dan ini biasanya pada trayek-trayek tertentu.