Kenapa Mayoritas Badan Pesawat Berwarna Putih? Ini Dia Alasan Ilmiahnya!

0
Sumber: istimewa

Pernahkah Anda melihat pesawat komersil yang menggunakan cat berwarna gelap? Nampaknya hampir sebagian besar maskapai penerbangan menggunakan warna terang untuk menghiasi badan dari si burung besi ini. Tapi, kenapa semua maskapai menggunakan cat warna terang? Apakah sudah ada peraturan yang mengaturnya? Atau mungkin para pemilik maskapai ini sudah melakukan negosiasi terlebih dahulu agar menggunakan warna putih sebagai dasar dari armada mereka?

Baca Juga: Boeing 747 Dilelang Online, Inikah Akhir Cerita dari The Queen of The Skies?

Satu penjelasan ilmiah dibalik pernyataan tersebut. Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman rd.com, seorang professor Aeronautics and Astronauctics  di MIT (Massachusetts Institute of Technology), John Hansman mengatakan bahwa penggunaan warna terang di badan pesawat diperuntukkan supaya bisa memantulkan sinar matahari. “Selain itu, penggunaan warna terang juga  bisa meminimalisir pemanasan dan kerusakan pada mesin akibat radiasi matahari,” imbuh John. Bahkan, beberapa jalan di Amerika juga mengecat putih jalannya dengan alasan yang sama.

Penggunaan warna putih di pesawat sedikit banyaknya akan meminimalisir biaya pendinginan di dalam kabin, dan juga melindungi beberapa bagian pesawat yang rentan mengalami kerusakan akibat panas. Tidak hanya selama mengudara, warna putih ini juga akan memantulkan sinar matahari selama mereka parkir di landasan.

Tidak hanya itu, dihimpun dari sumber lain, penggunaan warna putih juga akan memudahkan petugas untuk melakukan pengecekan sebelum dan sesudah pesawat mengudara. Biasanya para petugas akan memeriksa apakah bagian badan pesawat ada yang retak, penyok, atau kerusakan lain yang memungkinkan pesawat mengalami kendala saat mengudara. Dapat dibayangkan jika pesawat menggunakan warna gelap seperti hitam atau biru tua, tentu akan sulit menemukan kerusakan tersebut.

Baca Juga: Serba Lebih Ketat, Inilah Tarif Dasar Ekonomi Penerbangan di Negeri Paman Sam

Selain itu, penggunaan warna putih juga dapat memudahkan petugas menemukan tanda korosi dan bintik-bintik yang diakibatkan dari kebocoran minyak, karena kebocoran tersebut akan meninggalkan jejak berwarna gelap. Nilai plus lainnya adalah pesawat akan mudah diamati jika terjadi kecelakaan, terutama pada malam hari.

Jika pemaparan di atas berkaitan dengan teknis, untuk alasan finansial pun, pewarnaan pesawat selain warna putih akan memakan biaya yang lebih mahal. Hal tersebut disangkut pautkan  dengan biaya pengoperasian di atas. Keuntungan yang terakhir adalah pesawat berwarna putih catnya tidak akan memudar secara signifikan, bahkan setelah menghabiskan cukup banyak waktu di udara. Berbeda dengan warna lainnya yang akan lebih cepat memudar dan membutuhkan dana lagi untuk mengecat ulang bagian yang pudar tersebut.

Leave a Reply