Kennington, Stasiun Bawah Tanah Unik dengan Fasilitas “U-Turn”

0
Sumber: citytransport.info

Terkenal dengan layanan kereta bawah tanahnya – Underground, Inggris memiliki cerita unik dari salah satu stasiun yang masuk ke dalam jaringan tersebut. Adalah Stasiun Kennington yang terletak di Kennington Park Road, Southwark, Selatan Inggris. Jika selama ini yang kita tahu adalah kereta akan langsir untuk berubah arah (biasanya kereta jarak jauh), atau menggunakan kereta dua kepala (biasanya dipakai oleh kereta komuter), maka lain cerita dengan di Kennington ini.

Baca Juga: Inilah 12 Stasiun Angker di Dunia!

Pembangunan stasiun ini dimulai pada tahun 1886 dan rampung pada tahun 1890 sebagai bagian dari kereta api listrik bawah tanah pertama di dunia. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman londonist.com, Stasiun Kennington ini terkenal dengan Kennington Loop-nya – dimana kereta yang Anda tumpangi akan melakukan U-Turn dan berjalan menuju arah sebaliknya tanpa harus langsir atau menggunakan kereta dua kepala.

Ya, skema U-Turn ini sangatlah unik terlebih ketika hal tersebut dilakukan di bawah tanah. Jadi semisal Anda tengah naik kereta yang mengarah ke Utara, setibanya Anda di Kennington Loop, kereta tersebut akan belok ke tube sebelah kiri dan melakukan U-Turn dimana itu akan membuat kereta berbalik arah dan melanjutkan perjalanan menuju Selatan.

Sumber: The Anonymous Widower

Salah satu lelucon yang kerap dilontarkan oleh warga Inggris soal stasiun ini adalah, “Sekarang Anda berada di Stasiun Kennington. Pemberhentian selanjutnya adalah Stasiun Kennington,”. Kelakar ini dilatarbelakangi oleh jalur U-Turn tadi. Selain kelakar, stasiun ini juga kerap diidentikkan dengan hal mistis – baik berupa lelucon atau kejadian nyata yang dialami oleh sejumlah komuter.

Untuk nuansa mistis yang berdasarkan lelucon, U-Turn tadilah yang menjadi inspirasinya, dimana para komuter akan dibuat bingung karena melewati Stasiun Kennington dua kali – padahal kereta hanya berputar di U-Turn. Sementara untuk nuansa mistis yang sesungguhnya, stasiun ini memang terkenal cukup angker karena sejumlah pengalaman zonk yang dirasakan langsung oleh para penumpang.

Berdasarkan cerita di laman sumber, beberapa penumpang kerap mendengar suara jeritan seorang perempuan, lampu kereta yang berkedip dengan sendirinya, suara pengumuman yang sering tidak terdengar, hingga papan penunjuk informasi yang mendadak error/rusak (glitch).

Baca Juga: Analisis Ilmiah Berbalut Nuansa Mistis Warnai Rentetan Kecelakaan di Stasiun Cipeundeuy

Bagi Anda para pecinta nuansa mistis yang kebetulan hendak atau tengah berkunjung ke Tanah Britania, nampaknya Stasiun Kennington menjadi satu tempat yang tidak boleh dilewatkan oleh Anda. Jika bingung mencari keberadaan dari stasiun ini, cukup buka aplikasi penunjuk arah dan Anda akan dituntun untuk tiba di Stasiun Kennington.

Leave a Reply