Kereta Api Punya Menu Makanan Baru dan Dapur Sentralnya Ternyata Ada di Yogyakarta

0
ilustrasi nasi goreng Mandarin PT Reska (Tempo)

Penumpang kereta api pastinya kenal dengan Popso, ini merupakan produk makanan olahan dalam bentuk beku, yang dalam penyajiannya perlu dihangatkan dengan microwave. Biasanya penumpang bisa membeli makanan tersebut di kereta makan atau melalaui pramugari dan pramugara yang melintas di gerbong-gerbong penumpang.

Baca juga: Nasi Goreng Parahyangan: Racikan Sederhana yang Digandrungi Penumpang ‘Gopar’

Beberapa waktu lalu, Kereta Api Argo Parahyangan dari Gambir, Jakarta menuju Bandung menyajikan nasi goreng Parahyangan. Ternyata, PT Reska Multi Usaha (Reska) yang merupakan anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (KAI) memasok makanan mereka di dapur sentral yang berada di Yogyakarta.

Dilansir KabarPenumpang.com dari tempo.co (10/11/2018), makanan ini semua dimasak di dapur sentral dan kemudian dikirim ke kereta api di seluruh Indonesia dalam keadaan beku. Belum lama ini, Reska juga menghadirkan menu baru untuk memanjakan lidah penumpang yakni basoka alias bakso kereta api, sotoka atau soto kereta api, nasi lada hitam, krengseng sapi, nasi goreng rawon, nasi rendang Padang dan nasi goreng Mandarin serta teh premium.

“Harga bervariasi, sotoka dan basoka dijual Rp25 ribu, nasi sapi lada hitam, nasi goreng rawon, nasi rendang Padang Rp33 ribu. Sedangkan teh premium dijual dengan harga Rp15 ribu. Produksi secara bertahap, per hari akan menjadi 15 ribu pack,” ujar Triawendy Estika, Manager Produksi PT Reska Multi Usaha.

Dapur sentral Reska berada di Jalan Tukangan Yogyakarta, di dapur ini, semua makanan diolah dan kemudian dikirim ke berbagai wilayah dengan menggunakan truk yang dirancang khusus. Truk tersebut memiliki ruang yang bisa diatur suhunya dan aman untuk makanan.

Armada pertama mengawali pengiriman makanan ke Jawa Timur, Sabtu, 10 November 2018. Muh Sahli, Plt Direktur PT Reska Multi Usaha menjelaskan, Dapur Sentral menjadi penyuplai kebutuhan produksi dan penjualan agar semua produk menjadi standar di seluruh area PT Reska Multi Usaha.

“Selain itu, juga untuk meningkatkan jumlah produksi,” kata Muh.

Baca juga: Tidak Puas Dengan Popso Nasi Goreng Parahyangan, Penumpang Layangkan Petisi ke PT KAI dan PT RMU

Agus Sobari selaku Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia PT Reska Multi Usaha menyatakan pengiriman perdana produk Dapur Sentral itu merupakan bagian dari peluncuran berbagai produk dan sistem aplikasi baru.

“PT Reska Multi Usaha memiliki beberapa usaha antara lain bisnis pelayanan restoran di atas kereta api, kafe dan katering, perparkiran, pelayanan kebersihan di stasiun, laundry, Loko Coffee Shop,” kata dia.

Leave a Reply