Kereta Ferry, Sensasi Naik Kereta di Tengah Laut

0
Foto: bahnbilder.de

Peran ferry kereta dalam dunia transportasi memang memberikan kemudahan tersendiri bagi para penggunanya. Ferry kereta yang pada awalnya berkembang di dataran Inggris ini lalu membawa dampak luas ke seluruh dunia. Tidak hanya melayani kereta biasa, tapi ada juga kereta cepat yang turut menyebrang menggunakan ferry, tentunya dengan berbagai tujuan, seperti wisata atau hanya sekedar perjalanan biasa.

Sumber: ulearnchinese.files.wordpress.com
Sumber: ulearnchinese.files.wordpress.com

Pulau Hainan yang berada di Tiongkok merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang berada di daerah paling selatan Cina. Menyadari wilayah yang terpisahkan oleh laut ini sebagai salah satu destinasi wisata, pemerintah Tiongkok lalu memudahkan para wisatawan untuk dapat menjangkaunya. Selain menggunakan bus, para pelancong juga dapat menggunakan kereta untuk sampai di pulau yang terkenal dengan Kota Sanya sebagai tujuan wisatanya itu.

Ada beberapa kereta dari berbagai daerah di Tiongkok yang melayani perjalanan menuju Pulau Hainan, seperti Guangzhou, Beijing, Shanghai, Chengdu, Changsha, dan Xi’an. Apabila Anda sedang berada di Guangzhou dan hendak pergi ke Pulau Hainan, Anda dapat menaiki kereta Z385, Z201, K511, K1167, atau Z111. Setiap kereta tersebut memiliki jadwal keberangkatan yang berbeda, jadi pastikan Anda mengeceknya terlebih dahulu. Begitu juga dengan pilihn kursi yang tersedia, ada kelas soft sleepers, hard sleepers, dan hard seat di setiap keretanya, tentu saja tiap kelas memiliki harga yang berbeda.

Kota Beijing pun menawarkan perjalanan menggunakan kereta menuju Pulau Hainan. Walaupun jumlah perjalanannya sebanyak yang ditawarkan oleh Guangzhou, namun para wisatawan merasa terbantu dengan adanya kereta jurusan Pulau Hainan. Anda dapat pergi ke stasiun Barat Beijing dan mencari kereta dengan nomor Z201 yang akan membawa Anda menuju Hainan.

Sesampainya di provinsi Guangdong, kereta lalu dimasukkan ke dalam Yuehai Ferry yang kemudian akan mengantarkan Anda menuju Pulau Hainan. Sesampainya di seberang, Anda tidak perlu repot keluar kereta untuk menunggu kereta keluar dari ferry, tapi Anda akan tetap berada di dalam kereta hingga seluruh rangkaian sepenuhnya keluar dari ferry dan melanjutkan perjalanan menuju stasiun tujuan.

Sumber: Pentaxforums.com
Kereta  dari Jerman ke Denmark. Sumber: Pentaxforums.com

Selain di Tiongkok, ada juga Negara lain yang menawarkan layanan ferry kereta, yaitu kereta yang menghubungkan Jerman dengan Denmark. Kereta yang bertolak dari kota Hamburg, Jerman ini akan membawa Anda menuju Puttgarten, salah satu tempat yang berada di ujung dataran Skandinavia. Lalu kereta akan masuk ke lambung kapal ferry yang dioperasikan oleh Scandlines dan menyeberangi laut dengan jarak kurang lebih 19 km dan akan berlabuh di Rødby, pelabuhan yang berada di Denmark, lalu kereta akan melanjutkan perjalanan menuju Ibu Kota Denmark, Copenhagen. Bagi Anda yang hendak melakukan perjalanan pada rute ini, Anda perlu mengecek jadwalnya terlebih dahulu karena ferry kereta ini hanya beroperasi 2 kali dalam sehari.

Kereta Ferry Bohai. Sumber: Wikimedia.org
Kereta Ferry Bohai. Sumber: Wikimedia.org

Bohai Train Ferry adalah kereta ferry yang menghubungkan Dalian, Liaoning, Cina dan Yantai Shandong di Laut Bohai. Dengan predikat sebagai pionir ferry kereta, kapal ini memiliki panjang 182,6 m yang memungkinkan untuk memuat 50 gerbong barang, 50 truk bermuatan besar, 25 mobil pribadi, dan 480 penumpang. Kereta ferry ini mulai beroperasi sejak tahun 2007 silam, namun pemerintah Tiongkok sedang berusaha membangun tunnel yang menghubungkan 2 daerah ini, dengan kata lain, ada kemungkinan dihapuskannya layanan kereta ferry ini di masa yang akan datang.

Leave a Reply