Sebaiknya Anda Tahu, Kapal Ferry Bukan Hanya Jenis Ro-Ro Saja

Sumber: harnas.co

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, sudah barang tentu keberadaan kapal ferry menjadi urat nadi dalam sistem transportasi antar pulau di Indonesia. Namun, ragam kapal ferry yang ada di Tanah Air boleh dibilang sangat terbatas. Kebanyakan publik hanya mengenal sosok dan jenis kapal ferry Ro-Ro (Roll on – Roll off) seperti yang jamak dilihat di perlintasan Merak-Bakauheni. Padahal lain dari itu, kapal ferry punya beragam tipe dan spesifikasi.

Baca Juga: Spesifikasi KMP Port Link, Kapal Ferry Teranyar dan Terbesar

Melansir dari laman brighthubengineering.com, sebenarnya ada beragam ukuran dari kapal ferry – mulai dari yang kecil hingga yang besar. Tentu saja ini bergantung kebutuhan sang operator yang melayaninya. Jika perairan yang dilintasinya terbilang cukup kecil dan kapasitas angkutnya tidak terlalu banyak, maka operator akan memilih kapal ferry yang berukuran kecil. Pun sebaliknya, apabila perairan yang dilintasinya besar dengan load factor yang besar, maka operator akan memilih kapal ferry berukuran besar pula.

Terlepas dari ukurannya, sebenarnya kapal ferry ini terbagi ke dalam tiga kelas:

Kapal Ferry Hydrofoil

Kapal Ferry Hydrofoil. Sumber: istimewa

Ferry jenis ini siap untuk melayani penumpang dengan kecepatan tinggi, dimana ini akan memberikan keuntungan lebih kepada penumpang karena bisa sampai di destinasi tujuan dengan lebih cepat. Bahkan di Inggris, kapal ferry jenis ini seakan berlomba dengan jaringan kereta cepat ketika melintasi Channel Tunnel yang tersohor itu.

Kapal Ferry Catamaran

Kapal Ferry Catamaran. Sumber: istimewa

Pada umumnya, kapal ferry catamaran ini memiliki porsi tubuh yang lebih besar ketimbang ferry jenis hydrofoil. Selain lebih besar, kapal ferry ini juga mampu menangangkut tidak hanya penumpang, melainkan juga kendaraan dan dapat melaju dengan kecepatan tinggi berkat waterjet propulsion yang digunakan. Persebaran kapal ferry catamaran ini sendiri banyak terdapat di Negara Skandinavia dan beberapa negara lain di Eropa.

Baca Juga: Kenali 10 Rute Kapal Ferry Terindah di Dunia

Kapal Ferry Ro-Ro

Kapal Ferry Ro-Ro. Sumber: istimewa

Ro-Ro merupakan singkatan dari Roll on – Roll off, dimana kapal ferry jenis ini memudahkan kendaraan untuk masuk ke dalam lambung kapal. Agaknya kapal ferry jenis ini memang sengaja didesain agar memudahkan dan mempercepat proses keluar masuk kendaraan. Nah, jenis kapal ferry inilah yang sering Anda lihat di Pelabuhan Merak dan Bakauheni.