Kereta Listrik Diesel Keluaran Siemens, Solusi Pertumbuhan Populasi di Amerika

Siemens SC - 44 Charger. Sumber: Youtube.com

Tanggal 26 Maret 2016 lalu menjadi tanggal yang bersejarah bagi salah satu perusahaan raksasa asal Jerman, Siemens Mobility. Pasalnya, Siemens Mobility meluncurkan lokomotif penumpang berdaya diesel – listrik untuk pasar Amerika Utara. Washington State Department of Transportation (WSDOT) memesan 8 lokomotif untuk menjadi bagian dalam program kereta berkecepatan tinggi Cascades yang didanai oleh pemerintah federal sebesar U$800 juta.

Adapun tujuan WSDOT membeli lokomotif baru ini adalah untuk mengimbangi pertumbuhan populasi dan terkait peningkatan jumlah penumpang di koridor I-5. Warga di sini lebih memilih untuk naik kereta api daripada kendaraan pribadi karena dinilai lebih efisien dan ramah lingkungan.

Baru-baru ini, kereta dengan seri SC – 44 Charger mulai dioperasikan dalam rangka uji coba di koridor Amtrak Cascades. Koridor ini menghubungkan Eugene dengan beberapa daerah lainnya, seperti Portland, Seattle, dan Vancouver. Apabila tidak ada halangan, rencananya kereta ini akan mulai beroperasi pada pertengahan tahun ini. Kereta bertenaga 4.440 horse power ini tidak serta merta di bawa langsung ke koridor Amtrak Cascades untuk diuji coba. Perjalanan dari Jerman, Kantor Pusat Siemens, menuju Amerika bukanlah perjalanan dekat, ini dikhawatirkan akan merusak bagian kereta dan memakan biaya yang cukup banyak. Maka dari itu, kereta terlebih dahulu dirakit di Sacramento, lalu di uji coba di koridor Amtrak Cascades.

Lokomotif SC – 44 Charger dilengkapi dengan Cummins’ QSK95 power unit, yang menjadikannya sebagai lokomotif pertama yang menggunakan mesin ini. Kereta ini dapat melaju dengan kecepatan maksimum hingga 125mph atau setara dengan 201 km/jam. Mesin QSK 95 dilengkapi pula dengan Selective Catalytic Reduction (SCR) knalpot aftertreatment, dimana dengan sistem ini penggunaan bahan bakar akan lebih efisien dan menurunkan keseluruhan biaya operasi. Dengan menggunakan mesin ini memenuhi standar emisi Tier 4 Badan Perlindungan Lingkungan Amerika.

Terdapat beberapa Negara di Amerika yang turut mengembangkan salah satu inovasi di dunia perkereta-apian, sebut saja Washington, Illinois, California, Michigan, dan Missouri. Washington bekerja sama dengan Departemen Transportasi Oregon dalam mengoperasikan kereta ini. Tidak mau konsumennya merasa kecewa, pihak Siemens dan Amtrak ikut turun ke lapangan guna memonitori performa dari armada anyarnya tersebut.