Kerja Sama GoJek dan Garuda Indonesia Mungkinkan Anda Pesan Makanan dari Luar Kota

Sumber: Tempo.co

Maskapai plat merah Garuda Indonesia baru saja menjalin hubungan kerja sama dengan salah satu startup yang menyandang predikat sebagai Unicorn (startup yang memiliki nilai valuasi lebih dari US$1 miliar), GoJek. Adapun layanan yang akan dihadirkan melalui kerja sama strategis ini adalah Go-Express, yang merupakan layanan pengiriman barang maupun makanan antar kota. Kerja sama ini merupakan bagian aksi korporasi flag carrier Indonesia tersebut untuk membenahi dan mengembangkan lini bisnis.

Baca Juga: Garuda Indonesia Jadikan Kualanamu Hub Penerbangan Domestik Wilayah Barat dan Asia Tenggara

“Saat ini sudah kerja sama dengan GoJek. first mile dan last mile pakai GoJek, pesawatnya pakai kita (pengiriman),” ujar Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Garuda Indonesia Muhammad Iqbal, dikutip KabarPenumpang.com dari laman Kompas.com.

Nantinya, para pengguna fitur layanan GoJek bisa melakukan pengiriman ke luar kota. Sebagai contoh, pelanggan bisa memesan makanan via Go-Food dan mengirimnya ke luar kota. Iqbal menambahkan bahwa kendala pada Go-Express ini sebelumnya terkait pada pengiriman makanan atau barang ke bandara. Namun, setelah ada GoJek dengan layanan aplikasi yang ada masalah tersebut bisa diatasi.

Iqbal juga menambahkan bahwa hadirnya fitur Go-Express ini tidak lepas dari peran seorang programmer asal India yang turut membantu pengembangan fitur ini.

“Jadi sinergi ini diharapkan akan mempercepat proses pengiriman logistiknya. Jadi programmer GoJek dari India datang ke sini untuk menggabungkan punya kita, penggabungan sistemnya,” tuturnya.

Senada dengan Iqbal, Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan pun memaparkan hal yang kurang lebih sama dan lebih merinci pada langkah-langkah yang sekiranya dihadapi oleh calon pembeli.

“Mula-mula, makanan maupun barang dapat dipesan oleh pelanggan melalui aplikasi GoJek. Pesanan tersebut nantinya bakal diantar mitra driver ke bandara,” ujar Ikhsan.

“Begitu pesanan sampai di bandara, maka akan di ambil alih oleh Go-Express hingga diantar ke kota tujuan dengan menggunakan Garuda Indonesia,” imbuhnya.

Baca Juga: Boeing 737 Garuda Indonesia Dipasangi Livery Mitsubishi Xpander! Ada Apa?

Lalu, bagaimana jika pesanan yang sudah siap diantar ke luar kota namun pihak Garuda Indonesia tidak bisa memfasilitasinya? Menjawab pertanyaan ini, Iqbal menjamin ketersediaan dari armada Garuda Indonesia untuk melayani pengiriman Go-Express.

“Itu jaminan pesawatnya ada. Kalau sekarang ini, GoJek cuma bisa pesan atar dalam kota, belum bisa antat antarkota. Karena pesawatnya enggak ada. Ini belum di-publish, kalau sudah jadi akan lanching, itu bakal heboh,” tambahnya.